Pentingnya Evaluasi Pembelajaran PPKn SD

 Pentingnya Evaluasi Pembelajaran PPKn SD

Penulis: Veni Arnita, S.Kom (NIM : 2340301090004), Mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya

Dalam dunia pendidikan setiap pembelajaran yang ada di sekolah perlu adanya penilaian atau evaluasi. Dengan demikian hal tersebut adalah sesuatu yang harus di lakukan oleh seorang guru. Dengan adanya evaluasi dalam pembelajaran, guru dapat mengetahui dan menilai hasil belajar peserta didik atau kemampuan peserta didik  dalam mata pelajaran tertentu. Begitu pula pada pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar (SD) hendaknya memiliki kriteria penilaian yang sesuai, sehingga di peroleh penilaian yang tepat. Evaluasi juga dapat di gunakan oleh seorang guru untuk dapat mengukur ke efektifan pemahaman peserta didik dengan pengajaran yang guru berikan sehingga dapat meningkatkan kualitas pengajaran.

Dalam proses Evaluasi ada banyak hal atau cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan penilaian atau pengukuran kemampuan peserta didik, yaitu  penentuan nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan. Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik adalah dengan memberikan tugas secara individu maupun secara berkelompok. Hal ini di nilai cukup efektif dalam melakukan penilaian karena bisa di ketahui perbandingan kemampuan peserta didik yang melakukan tugas sendiri dengan yang bekerjasama bersama teman untuk menyelesaikan tugas yang di berikan. Dengan demikian guru dapat mengetahui perkembangan dari masing-masing peserta didik.

Ada tiga hal yang sering di lakukan dalam Evaluasi pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar (SD) yaitu Tes, Pengukuran, dan Penilaian. Tiga hal tersebut adalah hal yang sangat penting di lakukan oleh seorang guru. Pelaksanaan tes merupakan pengumpulan informasi kemampuan peserta didik, sedangkan pengukuran adalah perbandingan kemampuan peserta didik atau karakteristik masing-masing peserta didik, dan penilaian adalah mendeskripsikan hasil pengukuran. Ketiga hal tersebutlah yang menjadi acuan dalam Evaluasi.

Tujuan dengan adanya Evaluasi pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar (SD) juga di artikan sebagai Upaya untuk mengetahui ketercapaian SD (Standard Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) peserta didik. Adanya indikator dalam pencapaian kompetensi tersebut menandakan keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Diharapkan dengan adanya evaluasi pembelajaran guru dapat lebih aktif dan selektif dalam pengambilan keputusan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!