Sengkon Dukung Pengembangan Budidaya Holtikultura di Kalteng

 Sengkon Dukung Pengembangan Budidaya Holtikultura di Kalteng

FOTO: Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng bidang SDA dan Perekonomian, Sengkon, SE.,

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng bidang SDA dan Perekonomian, Sengkon, SE menyebut ada begitu banyak peluang usaha yang dapat dijalankan, dimana salah satunya yakni budidaya hortikuktura.

“Budidaya Holtikultura memang sangat potensial dikembangkan, terutama untuk meningkatkan perekonomian tentunya masyarakat harus dapat menggali setiap peluang yang ada,” kata dia, Kamis (12/10/2023).

ia menilai budidaya hortikultura sangat menjanjikan dan bernilai ekonomis. Tentu hal ini dapat meningkatkan perekonomian keluarga, dan dalam pengembangannya juga tidak memerlukan modal yang besar, sehingga peluang usaha itu perlu dilirik oleh masyarakat di wilayah Bumi Tambun Bungai.

“Selain menjanjikan dan bernilai ekonomis, budidaya hortikultura juga bisa untuk konsumsi sendiri, terlebih dimasa transisi setelah Covid-19 merebak beberapa waktu lalu, masyarakat secara umum perlu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat,” katanya lagi.

ia juga mengungkapkan ada banyak jenis hortikultura yang dapat dikembangkan mulai dari bermacam tanaman sayuran hingga obat-obatan. Dalam mengembangkannya juga tidak terlalu banyak memerlukan banyak biaya untuk membeli lahan yang luas cukup hanya memanfaatkan pekarangan rumah.

“Bagi masyarakat yang memiliki pekarangan rumah cukup luas, budidaya hortikulturan ini sangat cocok, karena modal yang dikeluarkan itu hanya untuk membeli bibit maupun pupuk. Saya rasa ini bisa menjadi peluang usaha baru disaat kondisi perekonomian yang belum terlalu normal seperti sekarang,” ujarnya.

Lebih dalam, ia mengatakan dengan kondisi geografis atau iklim di Kalteng ini tentu sangat cocok dalam mengembangkan tanaman hortikultura dan hal ini juga pastinya menjadi poin plus bagi masyarakat. Budidaya hortikultura khususnya di Indonesia sudah menjadi primadona dengan pengembangan berbagai macam metode.

“Harapan kita pastinya masyarakat bisa mandiri dalam segala hal, gali peluang usaha yang memang menjanjikan dan mampu memberikan dampak terhadap perekonomian keluarga. Apalagi dalam kondisi tidak menentu seperti sekarang harga-harga bahan pokok mahal, tentu usaha itu sangat membantu,” tandasnya. (Y1)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!