Sapras Air Bersih Salah Satu Penentu Angka Stunting

 Sapras Air Bersih Salah Satu Penentu Angka Stunting

FOTO: Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati

 
PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati mengatakan sebenarnya ada banyak aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat di Desa Parahau, Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya, dimana salah satunya berkenaan dengan ketersediaan sarana prasarana air bersih.
“Kurangnya akses air bersih dan sanitasi yang buruk ternyata juga   menjadi penyebab  tingginya angka stunting di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah ini,” ujar dia, Sabtu (07/10/2023).
Ina menyebut menurut riset Kementerian Kesehatan (Kemkes), stunting yang disebabkan oleh tidak adanya air bersih dan sanitasi buruk mencapai 60 persen, sementara yang dikarenakan gizi buruk “hanya” 40 persen.  
Tak heran, kalau akses air bersih masuk sebagai salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) dengan target tahun 2030. “Air bersih merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia untuk memenuhi standar kehidupan secara sehat,” ujarnya lagi.
ia mengatakan masyarakat Desa Parahau, saat ini sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah daerah, baik itu dari pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya, terutama dalam hal penyediaan sarana prasarana air bersih.
“Untuk itu, saya meminta seraya mendorong pemerintah daerah, supaya dapat menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat Desa Parahau ini,” tandasnya. (YA)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!