Legislator Kalteng ini Nilai Industri Pengolahan SDA dapat Meningkatan Perekonomian Masyarakat

 Legislator Kalteng ini Nilai Industri Pengolahan SDA dapat Meningkatan Perekonomian Masyarakat

FOTO: Anggota DPRD Kalteng, H. Purman Jaya.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota DPRD Kalteng, H. Purman Jaya menilai adanya industri pengolah sumber daya alam (SDA) khususnya di Kalteng mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurut dia, industri merupakan sektor pendukung usaha masyarakat. Misalnya, bagi masyarakat yang mempunyai usaha salah satunya seperti karet dan rotan untuk menjual hasil panen-nya bisa langsung ke tempat pengolah SDA tersebut.

“Jadi masyarakat tidak menjual hasil panen-nya ke tengkulak yang dari sisi harga juga terkadang murah. Jika menjual langsung ke industri harga pun pastinya lumayan mahal, dampaknya ekonomi masyarakat akan meningkat,” kata dia, Senin (04/09/2023).

Oleh karena itu, dirinya pun mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota agar dapat memikirkan hal tersebut baik mendirikan atau membangun industri yang dikelola daerah maupun bekerja sama dengan pusat melalui BUMN serta mendatangkan investor.
ia mengungkapkan, terkait pembangunan industri ini juga menjadi salah satu aspirasi yang disampaikan masyarakat seperti di Desa Malawaken, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara kepada pihaknya ketika melaksanakan reses di daerah setempat.

Masyarakat di desa itu mengharapkan pemda dapat membangun industri atau pabrik karet. Tujuan dari pembangunan industri tersebut yakni untuk menstabilkan harga karet di wilayah setempat dan Kalteng pada umumnya, sebab harga komoditi itu hingga saat ini masih belum juga stabil.

“Masyarakat meyakini jika ada industri atau pabrik karet, dari segi harga akan stabil. Sehingga mereka pun meminta pemda memperhatikan hal tersebut. Kita pun mendorong aspirasi itu agar direalisasi untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat di provinsi ini khususnya para petani karet,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!