Freddy Ering: Pembinaan dan Peningkatan di Sektor Pertanian jadi Usulan Prioritas Desa Henda 

 Freddy Ering: Pembinaan dan Peningkatan di Sektor Pertanian jadi Usulan Prioritas Desa Henda 

FOTO: Ketua Komisi I DPRD Kalteng, drs. Yohannes Freddy Ering, M.Si., yang juga Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau saat melaksanakan reses perseorangan di Desa Henda, Kacamatan Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, baru-baru ini.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Pembinaan dan bantuan pertanian menjadi salah satu usulan prioritas dari sekian banyaknya aspirasi yang diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Kalteng, drs. Yohannes Freddy Ering, M.Si., yang juga Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau saat melaksanakan reses perseorangan di Desa Henda, Kacamatan Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, baru-baru ini.

“Desa Henda telah berhasil membuktikan sebagai penghasil buah semangka Kalteng yang dapat diandalkan. Sebenarnya ada banyak aspirasi yang telah disampaikan oleh warga Desa Henda. Namun yang utamanya adalah terkait permintaan pembinaan dan peningkatan sektor pertanian,” kata dia, Rabu (06/09/2023).

Freddy Ering menyebut produksi buah semangka dari desa ini dinilai cukup baik, dan hasilnya sudah secara luas dipasarkan, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Disayangkan, para petani yang ada 85 persen berasal dari warga kurang mampu sehingga memerlukan perhatian serius dari pemerintah daerah.

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng ini mengatakan saat ini para petani sangat memerlukan pembinaan dan bantuan di sektor pertanian. Diantaranya bantuan penyuluhan, bantuan alsintan, saprodi, pemasaran bahkan juga permodalan.

Dalam pertemuan dengan unsur pemerintahan desa, BPD dan tokoh-tokoh masyarakat, Freddy banyak menerima saran masukan. Baik masalah kepemerintahan, pendidikan, kesehatan, sosial dan terlebih masalah ekonomi khususnya usaha pertanian dan perkebunan.

“Dimana selama ini dirasakan kurangnya perhatian dan pembinaan. Untuk itu diusulkan bantuan excavator mini dalam rangka pengolahan lahan dan jaringan pengairan, bantuan perahu mesin ces untuk angkutan hasil panen perkebunan, dan bahkan dermaga bongkar muat hasil pertanian,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!