Turnamen Bupati Lamandau Cup V Segera Bergulir

 Turnamen Bupati Lamandau Cup V Segera Bergulir

BERTANDING – Bupati Lamandau Hendra Lesmana bernomor punggung 10 mengikuti laga eksebishi di Stadion Hinang Golloa.

NANGA BULIK – Turnamen sepakbola Bupati Lamandau Cup V tahun 2023 segera digelar. Event tahunan yang kembali akan di selenggarakan di Stadion Hinang Golloa Nanga Bulik itu mendapat antusias dari tim-tim sepakbola lokal Lamandau untuk menjadi klub terbaik di tahun ini.

Hanya dalam waktu kurang dari sepekan setelah dibuka pendaftaran, 32 klub telah mendaftar ke panitia penyelenggara. Bahkan, masih banyak tim yang tidak kebagian slot untuk menjadi peserta turnamen terbesar di Kabupaten Lamandau itu.

Ketua Panitia Bupati Lamandau Cup V 2023, Fajrul Islamy Akbar, membenarkan bahwa antusias peserta turnamen yang digagas oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana itu sangat tinggi, namun karena panitia membatasi 32 tim peserta, maka pendaftaran telah resmi ditutup.

“Antusias klub-klub lokal untuk tampil memperebutkan Piala Bupati Lamandau tahun ini luar biasa, saat ini slot peserta sudah memenuhi kuota 32 tim dan kita tutup pendaftaran,” ungkap Fajrul di Nanga Bulik, Selasa, 15 Agustus 2023.

Dijelaskan Fajrul, turnamen Bupati Lamandau Cup tahun 2023 akan diselenggarakan dengan berbagai inovasi dan pembenahan dari penyelenggaraan turnamen serupa di tahun 2022.  Menurutnya, salah satu tujuan penyelenggaraan turnamen adalah untuk menghidupkan persepakbolaan Lamandau yang lebih terarah dan berkesinambungan.

Terkait adanya biaya pendaftaran bagi peserta, Fajrul Islamy Akbar yang juga manager Lesmana Academy itu membeberkan bahwa pihaknya berupaya menyelenggarakan kompetisi sepakbola bermutu dan tidak terkesan asal terlaksana.

“Pertanggungjawaban anggaran akan jelas dan transparan penggunaannya,  yang mana akan kami laporkan kepada pihak- terkait, dan jelas ada pos masing masing penggunaan anggaran, pos hibah, pos kontribusi tim dan pos pos pihak ketiga, dan jelasnya kami gunakan berdasarkan pos,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Fajrul, bahwa kualitas dan marwah turnamen harus terus ditingkatkan. Selain seluruh peserta baik pemain dan official terjamin kepesertaan BPJS, peningkatan keamanan serta fasilitas lapangan dan sarana prasarana pertandingan akan dibenahi.

Berdasarkan kordinasi, lanjut Dia, bersama pihak-pihak terkait dan pembahasan intern panitia, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi klub peserta, diantaranya komposisi pemain tim peserta harus ada minimal 3 pemain lokal U20, lokal senior serta 2 pemain luar (non lokal) dengan usia maks 25 tahun.

“Tidak hanya soal tim mana nanti yang menjadi juara, namun pembinaan pemain muda harus tetap jalan sehingga akan berdampak positif bagi tim yang mewakili daerah di ajang Porprov, Suratin Cup dan event lainnya,” kata Fajrul.

Senada dengan itu, Ketua PSSI Lamandau, Nozul, membenarkan bahwa selain target penyelenggaraan turnamen yang berkualitas, tujuan jangka panjang event tersebut adalah untuk membangkitkan persepakbolaan Lamandau ke arah yang lebih baik.

“Sepakbola itu sudah menjadi favoritnya masyarakat dunia, antusias masyarakat selalu tinggi, kalau kita tidak mulai memikirkan kualitas persepakbolaan Lamandau di masa depan, maka kita akan terus tertinggal dengan daerah lain,” ungkapnya.

Dirinya berharap, seluruh insan sepakbola di Lamandau dapat menyatukan misi untuk memajukan sepakbola di Bumi Bahaum Bakuba dengan menunjukkan jiwa sportivitas dan baik di lapangan maupun luar lapangan.

“Melalui turnamen Bupati Lamandau Cup tahun 2023 ini, mari kita bangun sepakbola kita ke arah yang lebih baik, tinggalkan kebiasaan ribut-ribut, kalah menang itu biasa, yang penting jiwa sportivitas harus kita junjung,” pungkasnya.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!