TP PKK Tekankan Pentingnya Imunisasi Polio

 TP PKK Tekankan Pentingnya Imunisasi Polio

IMUNISASI POLIO – Ketua TP PKK Kabupaten Lamandau Rusdianti Hendra Lesmana tengah memberikan imunisasi polio kepada balita di Posyandu Bungur Kelurahan Nanga Bulik.

 

NANGA BULIK – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lamandau, Rusdianti Hendra Lesmana menekankan kepada seluruh masyarakat terkait pentingnya imunisasi polio bagi anak.

Saat ini, kata dia, pihaknya bersama pemerintah daerah setempat tengah menggalakkan program imunisasi anak polio. Pemerintah menyediakan vaksin anak polio secara gratis melalui posyandu dan puskesmas serta fasilitas pelayanan kesehatan lain sebagai bagian dari program imunisasi dasar.

“Tujuan pemberian vaksin polio, agar bayi atau anak memperoleh kekebalan terhadap penyakit polio yang dapat menyebar melalui infeksi virus,” kata Rusdianti di Nanga Bulik, Senin, (1/5).

Dijelaskannya, cara yang cukup ampuh mencegah polio pada anak, yakni dengan mengikut sertakan anak dalam vaksinasi polio, yang bisa didapatkan di UPT Puskesmas atau Posyandu terdekat.

“Polio merupakan salah satu masalah kesehatan yang belum memiliki pengobatan hingga saat ini, namun tidak perlu khawatir, karena polio dapat dicegah dengan mengikuti program vaksinasi polio,” ucapnya.

Istri orang nomor satu di Kabupaten Lamandau itu menjelaskan, jika vaksinasi polio terbagi dalam dua jenis, yaitu vaksin polio tetes (OPV) dan vaksin polio suntik (IPV). Vaksin polio tetes diberikan sebanyak empat kali pada usia 1, 2, 3 dan 4 bulan.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!