Memastikan Kesiapan Anggaran Pemilu 2024, Komisi I DPRD Kalteng Lakukan Kunker ke KPU Barito Selatan

 Memastikan Kesiapan Anggaran Pemilu 2024, Komisi I DPRD Kalteng Lakukan Kunker ke KPU Barito Selatan

FOTO : Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Dra. Kuwu Senilawati. (Foto Yundhy Satrya)

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Dalam rangka memastikan kesiapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di setiap daerah di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) maka Komisi I DPRD Kalteng membidangi Pemerintahan, Hukum dan Keuangan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Dra. Kuwu Senilawati, saat dikonfirmasi redaksi Kaltengnews.co.id melalui WhatsApp pribadinya, Kamis (09/03/2023) pagi.

“Kunjungan Kerja dalam daerah ke Kabupaten Barito Selatan ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari 8 sampai 11 Maret 2023. Adapun tempat yang dikunjungi, yakni KPU Barsel dan Bank Kalteng Cabang Pembantu Patas,” kata Kuwu.

Legislator provinsi dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Kalteng ini juga mengatakan pemerintah daerah memiliki tanggungjawab besar untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, karena ini pertama kalinya pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara serentak.

Untuk itu, pemerintah daerah harus bisa benar-benar memastikan berbagai kesiapan, mulai dari kesiapan teknis dan mekanisme penyelenggaraan pemilu, kesiapan dari panitia pelaksana pemilu di setiap daerah, kesiapan pengawasan, keamanan dan pengamanan pemilu, termasuk pula kesiapan anggaran pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.

Khususnya terkait kesiapan anggaran Pemilu 2024, tentunya masing-masing daerah memiliki besaran yang berbeda-beda, sesuai hasil pembahasan dan kesepakatan yang dibuat bersama.

Seperti halnya anggaran Pemilu 2024 di tingkat provinsi, dimana Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama KPU Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan pembahasan dan menyepakati untuk menganggarkan dana Pemilu 2024 sebesar Rp180 Milyar.

“Mengingat anggaran dana Pemilu 2024 untuk tingkat provinsi terbilang sangat besar, maka sebagai tindak lanjutnya kami telah membuat peraturan daerah (Perda), dan target itu akan dipenuhi dengan cara menyicil (bertahap, red). Sejak 2022 kemarin, pemerintah provinsi (Pemprov) bersama KPU Kalimantan Tengah sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp80 Milyar, lalu sisanya Rp100 Milyar akan dipenuhi pada 2023 ini. Sehingga akhirnya anggaran yang dibutuhkan untuk Pemilu 2024 dapat terpenuhi,” katanya lagi.

Begitupun di daerah, ia sangat berharap kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) bersama KPU Kabupaten Barito Selatan sebaiknya sudah mulai menyicil untuk memenuhi target anggaran Pemilu 2024 yang dibutuhkan.

“Kunjungan kerja Komisi I DPRD Kalteng ke Kabupaten Barito Selatan dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan alokasi dana Pemilu 2024 di wilayah setempat. Kami berharap KPU bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan sudah mulai menyicil target anggaran untuk Pemilu 2024 mendatang. Diharapkan, di tahun 2024 dananya sudah siap, sehingga tidak sampai menganggu anggaran tahun berjalan,” tandasnya.

Sekedar menginformasikan, kunjungan kerja ini dilaksanakan oleh unsur pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Kalteng, yakni Drs. Yohanes Freddy Ering, M.Si., (Ketua Komisi I); Dra. Kuwu Senilawati (Wakil Ketua Komisi I); H. Sirajul Rahman, S.Hut., M.Ikom (Sekretaris Komisi I) dan Alexius Esliter (Anggota Komisi I) serta didampingi sejumlah staf ahli komisi. Selain mengunjungi KPU Kabupaten Barito Selatan, rombongan juga mengunjungi Bank Kalteng Cabang Pembantu Patas. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!