Keaktifan Sekolah dalam PDSS Salah Satu Penentu Terserapnya Lulusan SMA/SMK/MA di PTN

 Keaktifan Sekolah dalam PDSS Salah Satu Penentu Terserapnya Lulusan SMA/SMK/MA di PTN

FOTO : Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) SMA/SMK/MA Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Dr. Slamet Winaryo, S.Pd., M.Pd.,

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) SMA/SMK/MA Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Dr. Slamet Winaryo, S.Pd., M.Pd., mengatakan Lulusan SMA/SMK/MA di Kalimantan Tengah sebenarnya memiliki peluang besar untuk dapat terserap di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Dijelaskan, pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 untuk PTN di Indonesia, ada tiga jalur yang digunakan yakni Pertama Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) jalur baru saja selesai; Kedua Jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT); serta Ketiga Jalur Mandiri.

Baca Juga :

Jalur SNBP, acuan data yang digunakan diambil dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). “Maksudnya, semua data pada PDSS itu menjadi sangat penting sebagai data dasar penerimaan mahasiswa baru di PTN di Indonesia, melalui jalur SNBP. Maka dari itu, diharapkan setiap sekolah SMA/SMK/MA di Kalimantan Tengah ini, dapat secara aktif melengkapi dan mengupload data sekolah maupun siswanya yang dibutuhkan pada PDSS,” ujarnya, Selasa (21/03/2023).

Dr. Slamet yang juga Ketua Tim Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru SNPMB UPR 2023 menyebutkan di tahun 2023 ini, rata-rata SMA/SMK/MA di Kalimantan Tengah sudah cukup aktif mengupload data sekolah dan siswanya ke PDSS. Hal ini, tentunya sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Perlu diketahui pula, peluang dari setiap sekolah untuk memperjuangkan lulusannya, supaya dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, melalui jalur SNBP tentunya memiliki prosentase peluang yang berbeda-beda, salah satunya dipengaruhi dari tingkat Akreditasi sekolah masing-masing.

“Semakin tinggi akreditasi maka semakin besar pula peluang lulusan dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Adanya pertimbangan ini, maka saya memacu agar setiap sekolah dapat terus mengupayakan peningkatan Akreditasi sekolahnya masing-masing,” ujarnya lagi.

Dia juga mengutarakan khususnya animo masyarakat atau peminat untuk mendaftarkan diri di UPR melalui jalur SNBP terbilang cukup tinggi. Dimana, rata-rata siswa lulusan SMA/SMK/MA di Kalimantan Tengah, lebih banyak memilih berbagai program studi dan jurusan di UPR sesuai dengan keinginannya untuk melanjutkan studi.

Sementara itu, pada kesempatan sebelumnya, Wakil Rektor I Bidang Akademik UPR, Dr. Natalina Asi, MA menyampaikan pada SNPMB TA 2023 ini, UPR menyediakan kuota (daya tampung, red) sebanyak 4.261 mahasiswa baru. Jumlah ini, turun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 5.000 lebih.

FOTO : Wakil Rektor UPR Bidang Akademik, Dr. Natalina Asi, MA saat dibincangi sejumlah awak media.

“Penerimaan SNPMB TA 2023 di UPR menerapkan tiga jalur, yakni Jalur SNBP, Jalur SNBT dan Jalur Mandiri. Adapun alasan pihaknya menurunkan jumlah daya tampung, yakni atas pertimbangan rasio dosen dan mahasiswa baru; kemudian ketersediaan ruangan kelas dan jumlah mahasiswa baru; serta kegiatan perkuliahan sekarang ini lebih banyak dilakukan secara luring (tatap muka, red), berbeda jauh dengan kegiatan perkuliahan sewaktu angka kasus pandemi Covid-19 masih tinggi yang lebih banyak dilakukan secara daring (online, red),” bebernya, Senin (13/03/2023) lalu.

Tidak lupa, Dr. Natalina juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh sekolah dan siswa yang telah memilih UPR sebagai tempat untuk melanjutkan studinya.

“Dalam proses penerimaan mahasiswa baru, kami tentunya mengedepankan prinsip keterbukaan, transparansi dan akuntabel. Kami juga mendorong dan memotivasi kepada seluruh peminat/pendaftar supaya terus bersemangat jangan berkecil hati. Apabila pada Jalur SNBP masih belum lulus, maka selanjutnya bisa mengikuti Jalur SNBT dan Jalur Mandiri. Jadi, peluang untuk menjadi mahasiswa UPR masih terbuka dengan luas,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!