UPR Sosialisasikan PMB 2023 ke SMA/SMK/MA di Palangka Raya 

 UPR Sosialisasikan PMB 2023 ke SMA/SMK/MA di Palangka Raya 

FOTO : Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS., didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Natalina Asi, MA., dan Dekan dari Delapan Fakultas di lingkup UPR, saat kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UPR ke SMA/SMK di Palangka Raya, Selasa (21/03/2023) pagi.

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPR 2023. Selasa (21/03/2023) pagi di Aula Rahan, Gedung Rektorat Lantai 2, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, M.Si., serta diikuti sejumlah perwakilan SMA/SMK/MA di Kota Palangka Raya. Pada rangkaian kegiatan juga diisi dengan sosialisasi dari 8 (delapan) fakultas yang membuka program Strata Satu (S1) di UPR, mulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP); Fakultas Hukum (FH); Fakultas Kedokteran (FK); Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); Fakultas Pertanian (Faperta); Fakultas Teknik (FT); serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Baca Juga : 

Usai kegiatan saat dibincangi awak media, Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, M.Si., menyampaikan saat ini penerimaan mahasiswa baru melalui tahap Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) baru saja selesai.

Kemudian, dilanjutkan dengan tahap kedua yakni Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT); serta nanti diakhiri tahap Jalur Mandiri. “Intinya, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun Akademik (TA) 2023/2024 memiliki semangat yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Dimana, sekarang ini semuanya zaman seraba dengan keterbukaan dan bisa di kroscek, antara satu dengan yang lainnya. Sehingga, semuanya dapat dioptimalkan,” ujar Rektor UPR.

Prof. Salampak juga menyebut daya tampung penerimaan mahasiswa baru di tahun 2023 ini, diturunkan jika dibandingkan dengan tahun-tahun kemaren, karena angka pandemi Covid-19 saat itu masih tinggi-tingginya. Dimana, saat itu kegiatan perkuliahan masih bisa dilakukan secara daring (online, red) namun sekarang kegiatan perkuliahan lebih banyak dilakukan secara luring (tatap muka, red).

“Jadi, rasio antara jumlah dosen dengan mahasiswa harus kita pertimbangkan dengan baik-baik, guna mengoptimalkan layanan kepada mahasiswa,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan untuk proses penerimaan melalui jalur SNBP memang saat ini sudah ditutup, tapi untuk penjaringan seleksi berkas masih berjalan dan pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada 28 Maret 2023 nanti. Peminat untuk masuk melalui tahap SNBP cukup tinggi, namun nanti akan tetap dilihat dari hasil seleksi berkasnya.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Ketua Tim Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru UPR 2023, Dr. Slamet Winaryo, S.Pd., M.Pd., menyampaikan untuk penerimaan mahasiswa melalui Jalur SNBP sudah berakhir, dan sebentar lagi hasilnya akan diumumkan pada 28 Maret 2023 mendatang.

“Setelah ini, kita akan memasuki tahap Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Dimana, ketika para pendaftar tidak lulus pada Jalur SNBP, maka dia masih berhak mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur SNBT yang jadwalnya terbagi menjadi dua gelombang, yakni Gelombang I dilaksanakan pada 8 sampai 14 Mei 2023, Gelombang II dilaksanakan pada 22 sampai 28 Mei 2023 dan pengumuman hasilnya akan dilaksanakan pada 20 Juni 2023. Dan, apabila tidak masuk melalui Jalur SNBT maka masih ada lagi Jalur Mandiri. Jadi, para pendaftar yang ingin masuk ke UPR jangan berkecil hati, karena kesempatan untuk mengikuti proses seleksi masih terbuka lebar,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!