Pemprov Kalteng Pastikan Hewan Qurban Bebas PMK

 Pemprov Kalteng Pastikan Hewan Qurban Bebas PMK

FOTO : Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, SSos, MM, usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kalteng, Senin (04/07/2022).

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo, SSos, MM menyampaikan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng, terdiri dari Sekda dan Biro Kesra bersama pihak lainnya, hari ini akan melakukan rapat koordinasi, terkait kesiapan pasokan hewan qurban menjelang Idul Adha 1443 H.

“Saat ini, kita sedang memonitor sekaligus pula menginventarisir kebutuhan hewan qurban, dari panitia qurban di setiap daerah. Termasuk pula, untuk masyarakat yang menjadi konstituen anggota DPRD Kalteng yang ingin mengusulkan hewan qurban, melalui panitia masjid di 13 kabupaten/kota Se-Kalimantan Tengah,” ucap Wakil Gubernur Kalteng, usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kalteng, Senin (04/07/2022).

Lanjut H. Edy Pratowo menyebutkan adapun syarat-syarat hewan qurban yang dipersiapkan sudah jelas, yakni hewan qurban tidak sakit dan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sehingga, dipastikan hewan qurban yang akan didistribusikan, memang benar-benar dalam kondisi yang sehat bebas dari PMK.

“Kami pastikan bahwa hewan qurban yang dipersiapkan itu dalam keadaan sehat, karena telah melalui proses seleksi yang ketat di balai karantina hewan milik kita,” imbuhnya.

Disisi lain, Wagub Kalteng juga menambahkan sejauh ini memang kasus PMK, sudah ditemukan di beberapa daerah di Kalimantan Tengah, diantaranya Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Palangka Raya dan Pulang Pisau.

Kendati demikian, pihaknya pada tahap awal ini sudah mendistribusikan vaksin hewan ke beberapa daerah tersebut, yakni sebanyak 17.000 vaksin. Selanjutnya, vaksin akan terus didistribusikan, utamanya ke daerah-daerah yang ditemukan kasus PMK.

“Jadi, sapi-sapi yang sudah melalui tahap seleksi, akan diberikan label. Sehingga, dipastikan hewan qurban yang didistribusikan itu dalam keadaan sehat.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *