Budayakan Penggunaan Bahasa Dayak

 Budayakan Penggunaan Bahasa Dayak

Foto : Anggota DPRD Barsel, Rusinah Andelen

Kaltengnews.co.id- Buntok – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Selatan, Rusinah Andelen berharap penggunaan bahasa daerah harus terus dilestarikan.

“Untuk itu, tentu sebaiknya kita dalam penggunaannya bahasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Rusinah, Jumat, (9/06/2023).

Dia mengatakan, penggunaan bahasa juga bisa dilakukan pada instansi terkait untuk bisa mencanangkan program penggunaan bahasa daerah dalam kegiatan disaat sedang bekerja.

“Ayo kita menggunakan Bahasa dayak, karena merupakan ciri khas yang harus bisa dipertahankan dan dilestarikan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Menurutnya, bahasa dayak itu banyak yang mudah dipahami dan yang dikenal di kalangan masyarakat. Hal ini bisa diatur dalam program upaya melestarikan bahasa daerah.

“Bagi instansi pemerintahan dalam hal penggunaan bahasa daerah lokal pada kegiatan, misalnya rapat atau pelayanan bisa diatur waktu atau hari-hari tertentu. Misalnya, dalam satu minggu tiga harinya menggunakan bahasa dayak,” pungkasnya. (sg/tm)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!