Aksi Nyata Mahasiswa KKN UPR Cegah Penyalahgunaan Narkoba 

 Aksi Nyata Mahasiswa KKN UPR Cegah Penyalahgunaan Narkoba 

FOTO : Mahasiswa KKN Kelompok 88 Universitas Palangka Raya melakukan penyuluhan dan edukasi penyalahgunaan narkoba kepada siswa-siswi di SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna, Senin (15/08/2022).

Kaltengnews.co.id – Tanjung Taruna – Salah satu aksi nyata yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kelompok 88 Universitas Palangka Raya, dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba, yakni dengan melakukan penyuluhan dan edukasi, kepada siswa-siswi di SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna. Kegiatan ini berlangsung di lingkungan SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna, Senin (15/08/2022).

 

Baca Juga : Mahasiswa KKN bersama Puskemas Taruna Jaya Lakukan Penyuluhan Pencegahan Stunting

 

Melalui pesan WhatsApp-nya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Ir. Aswin Usup, M.Sc menyampaikan kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Kelompok 88 Universitas Palangka Raya bekerja sama dengan tenaga kesehatan (NaKes) setempat.

“Penyuluhan dan edukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi di SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna, terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba,” ujarnya, Selasa (16/08/2022).

Dijelaskannya, Narkoba merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis mau semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Narkoba merupakan suatu ancaman yang memang harus diperangi bersama. Ancaman penyalahgunaan narkoba, tidak hanya mengancam masa depan generasi muda di wilayah perkotaan, tapi juga mengancam masa depan generasi muda di pedesaan.

 

Foto : Pamflet Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba yang digunakan untuk kegiatan penyuluhan dan edukasi kepada siswa-siswi di SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna.

“Atas pertimbangan inilah, sehingga melatarbelakangi mahasiswa KKN di wilayah setempat menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan edukasi bagi kalangan pelajar di Desa Tanjung Taruna,” ungkapnya.

Dikatakannya, sikap untuk memerangi dan mencegah penyalahgunaan narkoba, bukan hanya menjadi tugas dari aparat penegak hukum, tapi juga harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk pula adanya dukungan dari kalangan mahasiswa.

Seperti halnya, kegiatan penyuluhan dan edukasi kepada siswa-siswi di SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, menjadi salah satu wujud nyata bahwa kalangan mahasiswa juga menaruh perhatian serius, terhadap ancaman dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Selain melakukan penyuluhan dan edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba, mahasiswa KKN bersama sejumlah tenaga kesehatan, juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para siswa-siswi di SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna.

FOTO : Pemeriksaan Kesehatan bagi siswa-siswi SMPN Satu Atap 2 Desa Tanjung Taruna yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di desa setempat.

“Ya, kami sangat bersyukur, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Animo dari siswa-siswi pun juga terbilang sangat bagus. Hal ini, terlihat dengan semangat dan antusias para siswa-siswi yang mengikuti rangkaian kegiatan penyuluhan dan edukasi penyalahgunaan narkoba di sekolah tersebut,” ungkapnya lagi.

Dr. Ir. Aswin Usup, MSc menambahkan kegiatan ini dinilai sangat penting, untuk menjaga masa depan para generasi muda yang notabene rata-ratanya adalah pelajar maupun mahasiswa, dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Kami sangat berharap, para generasi muda dapat memiliki suatu kesadaran untuk menjauhkan diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Sebab, penyalahgunaan narkoba, selain merusak masa depan generasi muda, namun juga mengandung konsekuensi hukum, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *