Mahasiswa KKN bersama Puskemas Taruna Jaya Lakukan Penyuluhan Pencegahan Stunting

 Mahasiswa KKN bersama Puskemas Taruna Jaya Lakukan Penyuluhan Pencegahan Stunting

FOTO : Mahasiswa KKN saat berfoto bersama para ibu-ibu dan anak-anak Posyandu Desa Taruna Jaya usai kegiatan penyuluhan pencegahan stunting. FOTO IST

Kaltengnews.co.id – PULANG PISAU – Mahasiswa Kelompok 88 KKN-T Mandiri Edisi Khusus KKN Kebangsaan Tahun 2022 Universitas Palangka Raya di Desa Taruna Jaya, Kecamatan Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau membantu Puskesmas Taruna Jaya untuk melakukan Penyuluhan Pencegahan Stunting bagi ibu-ibu posyandu di desa setempat. Kegiatan berlangsung di Balai Basarah Desa Taruna Jaya, Senin (08/08/2022) kemaren.

Kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ir. Aswin Usup, M.Sc, menyampaikan tujuan kegiatan penyuluhan ini, selain membantu Puskesmas Taruna Jaya, juga bertujuan untuk mengedukasi ibu-ibu Posyandu Desa Taruna Jaya, terkait pencegahan stunting.

Dimana, stunting itu sendiri adalah kondisi tinggi badan seseorang, ternyata lebih pendek dibanding tinggi badan orang lain pada seusianya. Penyebab stunting adalah karena tidak tercukupinya gizi pada anak, terutama dalam seribu hari pertama kehidupan.

 

Foto : Pamflet Pencegahan Stunting yang digunakan sebagai sarana edukasi kepada ibu-ibu Posyandu di Desa Taruna Jaya.

 

Adapun ciri-ciri stunting, yakni performa buruk pada tes perhatian dan memori belajar, pertumbuhan gizi terlambat, wajah tampak muda dari usianya, tanda pubertas terlambat, pertumbuhan melambat, dan usia 8-10 tahun cenderung lebih pendiam dan tidak melakukan kontak mata.

“Saya berharap, melalui kegiatan penyuluhan ini, warga terutama ibu-ibu di Desa Taruna Jaya, dapat memiliki pemahaman, sekaligus pula berpartisipasi dalam melakukan pencegahan stunting sejak dini,” ujar Dr. Ir. Aswin Usup, MSc yang juga Ketua LPPM UPR ini, melalui pesan WhatsApp pribadinya, Selasa (09/09/2022).

Menurut Dr. Aswin Usup, kegiatan penyuluhan pencegahan stunting dinilai sangat penting untuk diberikan kepada ibu-ibu Posyandu, dengan harapan dapat menunjang tumbuh kembang anak-anak di Desa Taruna Jaya dengan baik dan sehat.

“Perlu diketahui, kalau anak-anak Desa Taruna Jaya, juga merupakan generasi penerus bangsa ini. Untuk itu, maka akan sangat penting menjaga tumbuh kembang mereka, dari usia sejak dini, sehingga bisa berkembang secara baik dan sehat,” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *