Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pemda Diminta Lakukan Terobosan & Inovasi

 Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pemda Diminta Lakukan Terobosan & Inovasi

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Natalia, ST.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan legislator DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) agar bisa merumuskan sebuah terobosan atau inovasi untuk memacu pergerakan roda perekonomian di wilayah Bumi Tambun Bungai. Hal ini diutarakan oleh Srikandi Partai Hanura Kalteng, Natalia, ST.

“Kami mendorong Pemda melalui instansi dinas teknis bersama stakeholder terkait, baik itu di tingkat provinsi, kabupaten dan kota se-Kalmantan Tengah agar dapat merumuskan sebuah terobosan atau inovasi, untuk menggerakkan roda perekonomian daerah.”

“Hal ini menyusul adanya pertumbuhan jumlah penduduk yang mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yakni adanya mobilitas penduduk, baik itu dari dalam maupun dari luar daerah. Dan itu, berpotensi akan terus terjadi pada tiap tahunnya,” timpal Natalia, Selasa (01/03/2022).

Lanjut, Legislator dari Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi SDA dan Perekenomian ini juga mengatakan bahwa terobosan dan inovasi untuk menggerakkan roda perekonomian daerah, akan berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan baru, dan itu harapannya dapat mengimbangi pertumbuhan dan mobilitas penduduk di suatu daerah.

“Kalau tidak ada kemajuan di daerah, pasti masyarakat di daerah itu akan merantau ke daerah yang lain, untuk mencari pekerjaan dan penghasilan. Begitupun sebaliknya,” ujarnya.

Sambung Natalia, hal ini terjadi seperti di Kabupaten Katingan, khususnya di Kecamatan Mendawai, di mana sebagian penduduknya meninggalkan kampung asalnya untuk pergi ke luar daerah, seperti ke Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) atau pun ke Kota Palangka Raya guna mencari suatu pekerjaan.

“Jika keadaan terus seperti itu, maka  diyakini akan semakin banyak warga di sana yang akan keluar meninggalkan kampung halamannya guna mencari pekerjaan. Dan, daerah yang ditinggalkan pun akan kehilangan sumber daya manusia (SDM) produktif dalam menggerakkan sektor ekonomi mereka,” imbuh Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini.

Ia juga menambahkan upaya yang dapat dilakukan oleh Pemda bersama stakeholder terkait, misalnya program bantuan Keramba Sungai ataupun paket pekerjaan di desa yang dikerjakan oleh masyarakat setempat.

“Sehingga, dengan adanya hal tersebut, masyarakat tetap mempunyai pekerjaan dan penghasilan untuk membiayai keluarga sehari-hari, tanpa harus meninggalkan kampung halamannya, karena masyarakat itu sejatinya butuh program-program yang bisa langsung dikerjakan atau dipraktekkan.” tandasnya. (YS)

TONTON JUGA BERITA VISUAL LAINNYA di 

KALTENGNEWS TV

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *