Tingkatan Literasi Keuangan, OJK Kalteng Bersama Pemkab Kapuas Berikan Edukasi Kepada Para Pelajar 

 Tingkatan Literasi Keuangan, OJK Kalteng Bersama Pemkab Kapuas Berikan Edukasi Kepada Para Pelajar 

KAPUAS, Kaltengnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan indeks literasi keuangan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menggelar kegiatan edukasi keuangan bagi para pelajar di Kabupaten Kapuas, Selasa (23/07/2024).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Kapuas diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Drs Septedy, M., Si., serta turut dihadiri pula oleh Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Manajer Implementasi Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah dan Pimpinan PT. Bank Kalteng Kantor Cabang Kapuas.

Dalam kesempatan itu, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Primandanu Febriyan Aziz, Kepala OJK Provisi Kalimantan Tengah, dalam sambutannya mengatakan

“OJK bersama Pemerintah Daerah, BI, dan lembaga jasa keuangan akan terus bersinergi melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, khususnya pelajar,” ujar Kepala OJK Kalteng, Primandanu Febriyan Aziz.

Lanjutnya menerangkan adapun tujuan dari kegiatan ini tak lain untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar, atas sejumlah produk dan layanan jasa keuangan dapat dilakukan secara tepat dan sesuai kebutuhan, sehingga akhirnya masyarakat diharapkan dapat melakukan perencanaan keuangan dengan baik, serta dapat meningkatkan kesejahteraan.

Menurut Primandanu, memahami keuangan sejak dini akan sangat membantu dalam membuat keputusan dan perencanaan keuangan yang bijak dalam mengelola keuangan, sehingga terhindar dari masalah keuangan di masa depan.

“Saya berharap edukasi dan sosialisasi ini dapat mencegah dan membentengi adik-adik dari modus-modus pinjol ilegal atau penipuan yang berkedok penawaran investasi melalui produk keuangan, termasuk judi online,” ujarnya lagi.

Ditempat yang sama, Sekda Kapuas Septedy menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada OJK Kalteng, karena telah mengadakan kegiatan yang dinilai sangat positif dan penting untuk diketahui dan dipahami oleh para pelajar.

“Saya meyakini para pelajar akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat tentang cara pengelolaan keuangan yang benar untuk masa depan yang lebih baik,” ucap Septedy saat membacakan sambutan Pj. Bupati Kapuas.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pengenalan OJK, Waspada Investasi serta bahaya pinjaman online ilegal, kemudian dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah memberikan materi mengenai Cinta, Bangga, Paham Rupiah dan Sistem Pembayaran Digital, dilanjutkan dengan pemberian materi terkait Tabungan Simpan Pelajar (SIMPEL) oleh PT. Bank Kalteng Kantor Cabang Kapuas.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan sinergi antara OJK bersama Lembaga Jasa Keuangan untuk membekali 60 (enam puluh) peserta perwakilan pelajar yang hadir dari SMA Negeri 1 Kapuas, SMA Negeri 2 Kapuas, SMA Negeri 3 Kapuas dan Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Kapuas tentang pengetahuan dan pemahaman yang tepat terkait pengelolaan keuangan, sehingga generasi muda dapat membuat keputusan keuangan yang bijak di masa depan.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari salah satu program OJK Goes to School dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli 2024, serta termasuk dalam rangkaian kegiatan Road to Hari Indonesia Menabung pada tanggal 20 Agustus 2024 dan Road to Bulan Inklusi Keuangan pada bulan Oktober 2024. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!