Bersinergi Tingkatkan Layanan Kesehatan di Pelosok Kalteng 

 Bersinergi Tingkatkan Layanan Kesehatan di Pelosok Kalteng 

FOTO: Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota di Kalimantan Tengah ini diharapkan dapat saling bersinergi untuk meningkatkan layanan kesehatan di setiap daerah. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing.

“Saya meminta kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat saling bersinergi dalem menjalankan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di daerah-daerah pelosok Bumi Tambun Bungai ini,” ujarnya, Rabu (10/07/2024).

Menurutnya, sektor kesehatan sangat penting untuk diperhatikan oleh pemerintah terutama di desa-desa terpencil yang tergolong wilayah pelosok, sebab hingga saat ini khususnya di Kalteng masih banyak wilayah yang kurang perhatian terhadap sektor kesehatan.

“Mendapatkan pelayanan kesehatan merupakan hak bagi setiap warga negara, dan ini harus bisa dipenuhi oleh pemerintah. Apalagi pemerintah baik pusat maupun daerah juga telah mencanangkan program penuntasan stunting, bagaimana bisa masalah kesehatan ini tuntas jika masih ada wilayah yang belum mendapat pelayanan kesehatan memadai,” ujarnya lagi.

ia juga menyebutkan untuk dapat menuntaskan berbagai masalah kesehatan masyarakat misalnya menekan angka stunting, maka pelayanan kesehatan harus bisa merata kepada masyarakat hingga daerah terpencil.

“Setidaknya pemerintah dapat membangun pos kesehatan di setiap desa untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” pintanya.

ia pun mengatakan sinergitas antar pemda baik provinsi, kabupaten dan kota sangat diharapkan guna meningkatkan pelayanan kesehatan di provinsi ini, dan hal yang paling utama yaitu memperhatikan sarana dan prasarana kesehatan serta menugaskan tenaga kesehatan secara merata.

“Pemerintah jangan sampai abai terhadap sektor kesehatan ini, karena sangat vital dan menyangkut kehidupan sosial yang lebih baik. SDM kita tidak akan mendapatkan kualitas jika kesehatannya saja tidak mendapatkan perhatian. Jadi, pemerataan pelayanan kesehatan ini perlu didorong agar keinginan bersama menjadikan masyarakat yang sehat dapat terwujud,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!