Legislator Kalteng ini Minta Pemda Lebih Memprioritaskan Sektor Kesehatan dan Pendidikan di Daerah

 Legislator Kalteng ini Minta Pemda Lebih Memprioritaskan Sektor Kesehatan dan Pendidikan di Daerah

FOTO : Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id –  Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk bisa memprioritaskan sektor pendidikan dan kesehatan. Pasalnya, kedua sektor tersebut memiliki kaitan erat dengan upaya mempersiapkan SDM di daerah yang unggul dan berdaya saing global. Demikian hal ini disampaikan oleh Wakil Rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Duwel Rawing.

“Kami sangat berharap kepada Pemda untuk bisa menjadikan kedua sektor tersebut, menjadi skala prioritas utama. Karena, mengingat masih banyak permasalahan ataupun persoalan di sektor pendidikan dan kesehatan, terutama di daerah-daerah pelosok Kalimantan Tengah yang memang sangat membutuhkan perhatian dan penanganan lebih serius dari pemerintah daerah,” ucap Legislator Senior PDI-P Kalteng ini, Jumat (09/02/2024).

Lanjut Duwel mengatakan bahwa kedua sektor tersebut sudah diatur dalam perundang-undangan. Maka dari itu, tidaklah mengherankan bahwa pihaknya meminta kepada Pemda agar bisa menjadikan sektor pendidikan dan kesehatan menjadi skala prioritas utama Pemda.

Selain itu, menurutnya kedua sektor tersebut memiliki keterkaitan erat dengan upaya mempersiapkan SDM Unggul dan Berdaya Saing Global.

“Sektor pendidikan dan kesehatan, saling terkait erat, terutama dalam rangka mewujudkan terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan memiliki daya saing tinggi,” ungkapnya.

Mantan Bupati Katingan 2 Periode ini kembali menyarankan untuk mempersiapkan SDM di Bumi Tambun Bungai ini agar bisa memiliki kualitas unggul dan berdaya saing global, maka dari itu hendaknya pemerintah daerah  dapat benar-benar menempatkan sektor pendidikan dan kesehatan menjadi yang utama.

“Tanpa mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak, SDM kita tidak akan mampu bersaing secara global. Karena kedua sektor tersebut memiliki peranan penting dalam membentuk SDM berkualitas dibidangnya masing-masing, seperti tenaga guru dan tenaga kesehatan.” tutup Duwel Rawing. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!