Aktifitas Usaha PT. NRS Diyakini akan Memberikan Banyak Manfaat untuk Desa Pararapak dan Sekitarnya

 Aktifitas Usaha PT. NRS Diyakini akan Memberikan Banyak Manfaat untuk Desa Pararapak dan Sekitarnya

FOTO: Damang Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, Ardianson.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Damang Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, Ardianson menyambut baik adanya usaha investasi yang dilaksanakan oleh PT. NRS  atau Nusantara Raya Solusi  yang diyakini dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesejahteraan warga setempat.

Menurutnya, keberadaan dan aktivitas PT. NRS dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesejahteraan warga Desa Pararapak dan sekitarnya. Sejauh ini, PT. NRS sendiri sudah mengikuti kebiasaan adat dan istiadat warga Desa Pararapak dan sekitarnya.

Baca Juga:

“Kehadiran PT. NRS hampir sejalan dengan budaya adat dan istiadat, salah satunya memelihara dan menjaga alam. Dengan terjaganya kondisi alam, tentunya secara tidak langsung akan memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Perusahaan berjalan, masyarakat akan sejahtera,” ujar Ardianson ketika diwawancarai redaksi Kaltengnews.co.id, Selasa (20/02/2024) di Palangkaraya.

Lanjut Koordinator Damang se-Kabupaten Barito Selatan ini juga mengutarakan sebelum memulai kegiatan usahanya nanti, pihak PT.NRS akan melakukan upacara adat sebagaimana biasanya. “Jadi, saya tidak menemukan kegiatan PT. NRS itu berbenturan dengan adat,” ujarnya menambahkan.

Ketika disinggung perihal informasi adanya penolakan dari sejumlah masyarakat setempat atas kehadiran perusahaan yang bergerak disektor carbon trading ini. Ardianson tidak menepis informasi tersebut.

Menurutnya, adanya penolakan dikarnakan ketidakpahaman sejumlah warga tentang maksud dan tujuan dari PT.NRS itu sendiri. “Awalnya, memang ada penolakan. Setelah dilakukan sosialisasi dan pendekatan, masyarakat akhirnya memahami bahwa hadirnya PT.NRS juga secara tidak langsung memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar tanpa merusak ekosistem alam,” bebernya lebih dalam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kelompok tani gambut jaya dan kelompok tani gambut batuah telah melaksanakan musyawarah dan mufakat untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh PT.NRS tampa adanya paksaan dari pihak lain. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!