DPA Seluruh OPD Diharapkan segera Diterbitkan

 DPA Seluruh OPD Diharapkan segera Diterbitkan

FOTO: Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, Yohannes Freddy Ering.

 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, Yohannes Freddy Ering, mengharapkan pemerintah provinsi segera menerbitkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Ia menegaskan, DPA ini menjadi bagian yang sangat penting karena sebagai awal dimulainya kegiatan penyerapan, pembiayaan dan belanja yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

“Cepat diproses segera agar penyerapan dan realisasi anggaran itu bisa terpenuhi sesuai perencanaan belanja yang ada. Ya menjelang minggu ke empat Januari ini, DPA bisa segera ditebitkan,” ucapnya, Rabu (24/01/2024).

Pelaksanaan APBD 2024 pada dasarnya sudah bisa jalankan, terlebih sebelumnya telah mendapat evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagaimana yang disepakati antara pemerintah dan lembaga DPRD Kalteng.

Lebih lanjut, tentunya dengan target-terget besar yang ditetapkan dalam dokumen anggaran tersebut, maka pemerintah provinsi harus bergerak cepat melaksanakan kegiatan daerah yang semuanya berpatokan denga DPA masing-masing OPD.

“Diharapkan ini menjadi konsistensi dan perhatian dari pemerintah provinsi, karena dengan target belanja triliunan rupiah yang ditetapkan itu bisa terpenuhi apabila proses pelaksanaan kegiatan juga cepat,” ucapnya.

Legislator PDIP ini menegaskan, pelaksanaan APBD 2024 ini tidak hanya berkaitan dengan realisasi belanja daerah, akan tetapi target pendapatan asli daerah (PAD) juga mesti menjadi perhatian seluruh perangkat daerah agar terlaksana sesuai perencanaan yang sudah diagendakan.

“Dalam APBD 2024 inikan ada target pendapatan yang juga ditetapkan, sehingga harapkan kami seluruh kegiatan bisa dilaksanakan supaya semua hal yang berkaitan dengan target di tahun ini bisa tercapai,” pungkasnya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya 

 

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!