Optimis PAD Bisa Capai Angka 80 Persen Untuk Tahun 2023

 Optimis PAD Bisa Capai Angka 80 Persen Untuk Tahun 2023

Foto : Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Katingan, Saiful S.Pd, M.Si saat membuka Seminar, Talkshow dan Workshop Akselerasi Kualitas Informasi Publik melalui Laporan Pembangunan Terintegrasi.

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Syaiful, SP, M.Si mengaku optimis capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Katingan Tahun 2023 ini bisa lebih dari 80 Persen. Karena menurut dia, berdasarkan laporan dan informasi dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Katingan, pada akhir Oktober 2023 lalu PAD sudah mencapai 74 persen lebih.

“Sehingga jelang akhir tahun 2023 nanti, saya yakin PAD yang kita dapatkan nanti meisa lebih dari 80 persen. Untuk mengetahui lebih jelas lagi berapa jumlah yang sudah capaiannya, pada awal Desember 2023 akan dilakukan evaluasi. Di dalam evaluasi nanti akan diketahui kenaikannya, tunggu saja hasilnya pada awal Desember nanti,” ujarnya pada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Pada kesempatan itu, Saiful juga membeberkan jumlah serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 yang sudah berjalan sejak Januari hingga awal Oktober 2023, yakni mencapai 62 persen.

“Kita sudah menandatangani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) beberapa pekan lalu, sehingga tentu saja serapannya bertambah atau meningkat dari bulan Oktober 2023,” jelasnya.

Menurut Pj. Bupati, untuk mengetahui peningkatan jumlah serapan anggaran tersebut, pada awal Desember 2023 juga akan dilakukan evaluasi bersamaan dengan evaluasi PAD.

Dia menyebut, berdasarkan kalkulasi yang didapat dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan, untuk serapan APBD tahun anggaran 2023 ini pada dasarnya semua mengalami peningkatan.

“Terutama pada Dinas dan Badan yang mengelola anggaran yang besar. Kami yakini, jelang akhir Desember 2023 nanti serapan APBD bisa melebihi dari 95 persen,” katanya.

(agg/sog)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!