Tingkatkan Terus Pelayanan Publik

 Tingkatkan Terus Pelayanan Publik

Foto : Penjabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si bersama sejumlah pejabat dan pihak Ombudsman RI serta para peserta saat Sosialisasi dan Diskusi terkait Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik, Kamis (2/11/2023).

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si menghadiri dan membuka Kegiatan Sosialisasi dan Diskusi terkait Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik di Kabupaten  Katingan dengan Tema “Ela Mikeh Malapor”.

Kegiatan yang dihadiri pula Inspektur Inspektorat Kabupaten Katingan dan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Tengah tersebut, dilaksanakan di Gedung Salawah Kasongan, Kamis (2/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya yang sangat baik dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Katingan.

“Kualitas pelayanan publik yang baik merupakan suatu keharusan dan terinformasi secara terbuka kepada masyarakat. Baik melalui media elektronik, maupun nonelektronik,” ujarnya.

Saiful menuturkan, bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat maka seluruh kepala perangkat daerah wajib serius dan fokus dalam pemenuhan pelayanan. Sehingga, masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik sebagaimana diatur dalam undang-undang.

“Peningkatan kualitas tentu wajib didukung dengan sistem pengawasan berjenjang. Sehingga, pengawasan itu sendiri tidak memihak manapun serta dapat berjalan optimal,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, bahwa Ombudsman ditugaskan untuk mengawasi aspek pelayanan publik yang diselenggarakan penyelenggara negara dan pemerintah.

Termasuk juga BUMN, BUMD, BHMN, badan swasta dan atau perseorangan yang melaksanakan pelayanan publik tertentu dimana dananya sebagian atau seluruhnya berasal dari APBN atau APBD.

“Dalam menjalankan tugasnya, Ombudsman RI menerima aduan mengenai dugaan maladministrasi dan menindaklanjutinya untuk dapat diselesaikan,” ujar Pj Bupati.

Salah satu upaya yang dilakukan Ombudsman RI dalam menjalankan tugasnya, dengan mengadakan kegiatan peningkatan akses pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Katingan.

“Harapannya melalui kegiatan ini, maka pelayanan publik di instansi yang ada di Kabupaten Katingan semakin meningkat kualitasnya. Selain itu, masyarakat mengetahui secara dalam mengenai tugas dan fungsi Ombudsman RI dan masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang baik,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati berpesan kepada para anak muda milenial dan Gen Z Kabupaten Katingan jika semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga serta mencintai bangsa ini dengan sepenuh hati.

“Semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran berbangsa guna meningkatkan kualitas serta daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi dalam wawasan global,” tutupnya.

(agg/sog)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!