Pj. Bupati Hadiri Kegiatan Kerohanian Umat Hindu Kaharingan Di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing

 Pj. Bupati Hadiri Kegiatan Kerohanian Umat Hindu Kaharingan Di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing

Foto : Penjabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si menghadiri Kegiatan Haring Hakampeleng Renteng di Balai Parawei Kaharingan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing.

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si menghadiri Kegiatan Haring Hakampeleng Renteng dalam rangka Penyegaran Rohani Umat Hindu Kaharingan di Balai Parawei Kaharingan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut mengambil Tema “Haring Hakampeleng Renteng” yang berarti, Hidup Berkumpul Bersama Berdampingan Dalam Kesatuan.

Ikut pula mendampingi, antara lain Asisten I Setda Katingan, Hariawan, Staf Ahli Bupati Katingan, sejumlah Kepala SOPD serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Katingan. Adapula Camat Tewang Sangalang Garing, Anitha Cristia Dewi, S.STP. M.AP, Ketua LPT-IK Kabupaten Katingan, Ketua MD-AHK Kabupaten Katingan, Pembantu Rektor III STAHN Palangka Raya, Forkompimcam dan tamu undangan lainnya.

Acara Haring Hakampeleng Renteng Umat Hindu Kaharingan mengandung pengertian yang sangat dalam. Yaitu Hidup Berkumpul Bersama Berdampingan dalam Satu Kesatuan dalam bingkai falsafah Huma Betang.

“Kegiatan ini merupakan momentum penting dalam upaya meningkatkan Iman dan Taqwa terhadap Ranying Hatalla Langit Tuhan yang Maha Esa. Sehingga, bermanfaat dalam membangkitkan semangat menghayati dan mengamalkan ajaran Suci Ranying Hatalla Langit,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPTIK) Kabupaten Katingan yang telah berupaya maksimal, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara.

“Kami mengajak semua untuk bersama-sama untuk hidup rukun demi kesejahteraan masyarakat di Bumi Penyang Hinje Simpei ini,” tuturnya.

Pelaksanaan acara Haring Hakampeleng Renteng dengan Pj. Bupati Katingan ini, menurutnya merupakan ajang silaturahmi dengan seluruh umat Hindu Kaharingan khusus di Kecamatan Tewang Sangalang Garing.

“Semoga melalui kegiatan ini, mampu menjadi wahana peningkatan kualitas umat Hindu Kaharingan, khususnya di Kabupaten Katingan. Sehingga, mampu menciptakan umat Hindu Kaharingan yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing untuk menuju Katingan yang maju,” ujar Saiful.

(agg/sog)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!