Dinkes Pulang Pisau Ingatkan Masyarakat Waspada Demam Berdarah

 Dinkes Pulang Pisau Ingatkan Masyarakat Waspada Demam Berdarah

FOTO: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah dr Pande Putu Gina.

PULANG PISAU, Kaltengnews.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah dr Pande Putu Gina (29/11/2023) mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat untuk tetap waspada terhadap serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di musim penghujan saat ini.

Pande Putu Gina mengungkapkan serangan dan gigitan dari nyamuk aedes aegypti ini sangat berbahaya jika masuk kedalam tubuh manusia dan beresiko besar. Aliran darah akan mengalami perubahan komposisi darah atau penurunan angka trombosit sehingga penderita bisa mengalami perdarahan atau shock syndrome yaitu komplikasi dari DBD yang sudah parah.

Dirinya menegaskan, demam berdarah merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan. Ciri khas jika terserang demam berdarah, dihari pertama sampai hari ketiga pasti mengalami demam tinggi. Selanjutnya, pada hari keempat sampai hari ke enam demamnya akan turun.

Lanjut papar Pande Putu Gina, agar kita tidak terserang DBD adalah melakukan pencegahan baik di rumah maupun di lingkungan tempat kerja. Salah satunya tingkat kembali dalam menjaga kebersihan pada lingkungan.

Seperti dengan menerapkan 3M yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mendaur ulang berbagai barang yang memiliki berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti tersebut. Langkah-langkah seperti itu adalah cara tepat agar kita terhindar dari serangan DBD.

Pande Putu Gina menambahkan, selain menjaga kebersihan tentunya kita harus menjaga kesehatan tubuh seperti mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi dan kaya akan vitamin. Rutin berolahraga agar stamina pada tubuh juga tetap terjaga sehingga jika pola hidup sehat mulai diterapkan dari diri hingga lingkungan kecil kemungkinan tidak bisa terserang DBD.

Wartawan Biro Pulang Pisau: DENNY

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!