Perlu Dilakukan Pemahaman Politik Kepada Generasi Muda

 Perlu Dilakukan Pemahaman Politik Kepada Generasi Muda

Foto : Staf Ahli Bupati Katingan, Ganti Yapman saat membuka Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Generasi Muda Desa dan Hak Politik dalam Ketahanan Masyarakat, Selasa (10/10/2023).

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si diwakili oleh Staf Ahli Bupati Katingan Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ganti Yapman, membuka secara resmi Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Generasi Muda Desa dan Hak Politik dalam Ketahanan Masyarakat, di Aula Lantai II Kantor Bappedalitbang setempat, Selasa (10/10/2023).

Pj Bupati Katingan dalam sambutan tertulisnya dibacakan Staf Ahli Bupati menyampaikan, bahwa sasaran utama kegiatan adalah generasi muda desa maupun kelurahan melalui pemberian pendidikan politik untuk meningkatkan ketahanan masyarakat khususnya di Kabupaten Katingan. Diharapkan, Sosialisasi ini dapat membawa dampak yang baik bagi desa dan Kelurahan masing-masing.

“Selain itu, peserta juga dapat mensosialisasikan kembali kepada pemuda di desanya. Karena anda-anda (peserta, red) adalah perwakilan dari masyarakat desa yang merupakan pemuda Kabupaten Katingan. Karena itu nantinya apa yang saudara dapatkan pada sosialisasi hari ini, hendaknya bisa disampaikan kepada pemuda lainnya di desa masing-masing,” tutur Ganti.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Tengah, Etty Aprilya, ST, M.Si menginformasikan bahwa sosialisasi ini sudah dilaksanakan di sembilan kabupaten. Yaitu Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Sukamara, Kapuas, Pulang Pisau. “Katingan menjadi Kabupaten ke-10 yang melaksanakan sosialisasi ini,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa kaum muda adalah generasi yang diharapkan memiliki kemampuan berpikir kritis, inovatif dan kreatif dalam menghadapi tantangan persoalan bangsa. “Mengingat peran aktif pemuda dalam menyalurkan ide dan gagasan kritis yang inovatif sangat diharapkan. Karena pemuda adalah ujung tombak perjuangan yang bisa merubah politik bangsa ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Politik dalam hal ini, lanjutnya, merupakan suatu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang wujudnya dalam proses pembuatan keputusan khususnya dalam Negara. “Politik dapat diaplikasikan sebagai seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan, baik secara konstitusional maupun nonkonstitusional,” jelasnya.

Adapun narasumber pada Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Generasi Muda Desa dan Hak Politik dalam Ketahanan Masyarakat di Kabupaten Katingan ialah dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Tengah, Kodim 1019/Katingan dan dari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya atau IAIN Palangka Raya.

(agg/sog)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!