Pj Bupati Katingan Ingatkan Masyarakat Tidak Membakar Hutan

 Pj Bupati Katingan Ingatkan Masyarakat Tidak Membakar Hutan

FOTO : Pj Bupati Katingan, Saiful. 

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, mengimbau kepada masyarakat untuk mengurungkan niat melakukan pembakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kerusakan ekosistem alam. Begitu juga kepada pihak terkait untuk melakukan berbagai upaya jangan sampai membiarkan pelaku pembakaran yang bisa menyebabkan terjadinya kabut asap.

Berdasarkan laporan data Stasiun Pemantau Cuaca  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, bahwa saat ini Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kabupaten Katingan sangat tidak sehat, dengan nilai ISPU 298 dan Parameter Kritis PM 2,5. Sehingga dampak pencemaran udara khusus di Kabupaten Katingan semakin hari semakin tidak baik. Hal ini karena kabut asap  akibat dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Siapa lagi yang bisa menjaga dan merawat hutan kita ini, kalau tidak kita. Sehingga jangan sampi kita menjadi bagian dari orang yang menimbulkan kerusakan, karena perilaku yang menimbulkan kerusakan pasti tidak pernah disetujui oleh agama manapun,” jelas Pj Bupati Katingan, Saiful, kepada sejumlah wartawan, Kamis 28 September 2023.

Menurutnya, terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini tidak hanya hilangnya penyediaan oksigen saja, melainkan tempat habitat hayati baik itu tumbuh-tumbuhan flora dan fauna yang ada didalamnya akan mati.

“Saya tegaskan agar masyarakat jangan lah menjadi bagian yang merusak alam kita, siapa lagi yang kita harapkan menjaga dan memelihara alam ini kalau bukan kita sendiri. Alangkah bersalah dan berdosanya kita ini, jika sampai membiarkan bahkan menjadi pelakunya,” pungkasnya. (AS).

Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!