Rumah Warga Pinggiran DAS Katingan Rusak Akibat Hantaman Tongkang Bermuatan Kayu Log

 Rumah Warga Pinggiran DAS Katingan Rusak Akibat Hantaman Tongkang Bermuatan Kayu Log

FOTO : Kondisi Permukian Rumah Warga usai di hantam tongkang bermuatan kayu log. 

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Tongkang bermuatan kayu log di  Kelurahan Pegatan Hulu, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan menghantam sejumlah permukiman rumah warga yang ada di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan, Selasa 29 Agustus 2023, sekira pukul 02.30 WIB.

“Peristiwa itu terjadi saat posisi tongkang bermuatan kayu sedang tambat atau berlabuh jangkar di tengah (DAS) Katingan depan pelabuhan penumpang pegatan. Akibat datangnya angin kencang membuat tongkang terbawa arus yang kuat sehingga menghantam permukiman warga di RT.06 dan RT.07 Kelurahan Pegatan Hulu, ” jelas Kasatpolairud Polres Katingan Iptu Romlan.

FOTO : Anggota Polairud Polres Katingan saat di lokasi rumah warga usai dihantam tongkang bermuatan kayu log 

Saat ini tidak ditemukan korban jiwa, namun kerugian materil sementara diperkirakan kurang lebih Rp 600 juta. “Sampai dengan saat ini warga masih bergotong royong membantu membersihkan rumah warga yang rusak,” jelas Iptu Romlan.

Adapun identitas rumah dan harta benda yang hancur akibat tongkang larut tersebut atas nama Iting, dapur rumah miliknya mengalami kerusakan. Rumah milik H. Indi mengalami rusak total.

Kemudian, ada dua unit kapal motor atau log boat milik H. Arnian dan Ono Hanim mengalami kerusakan, jembatan titian milik H. Angking mengalami kerusakan total. Selain itu ada Imbal dan Gudang milik H. Andrian dan Ikip juga mengalami kerusakan.

“Tindakan yang diambil Polairud Polres Katingan mendatangi tempat kejadian perkara, catat saksi dan korban serta kerugian, koordinasi dengan agen dan kapten kapal/tug boat, kumpulkan bahan keterangan dan lidik lebih lanjut,” pungkasnya.(AS)

Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!