PAUD Jadi Fondasi Utama Membangun SDM Unggul dan Berkualitas

 PAUD Jadi Fondasi Utama Membangun SDM Unggul dan Berkualitas

FOTO: Ivo Sugianto Sabran menyerahkan hadiah kepada pemenang pada kegiatan Penutupan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Ketua Tim Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nunu Andriani menyampaikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan yang sangat penting sebagai fondasi utama, dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas. Sehingga, diharapkan dapat mencerminkan pentingnya pendidikan dini bagi perkembangan optimal anak-anak, serta dampaknya pada masa depan anak itu sendiri.

“Saya mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pokja Bunda PAUD mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi. Dimana, kontribusi dan partisipasi mereka dalam meningkatkan layanan pendidikan anak usia dini berkualitas, serta penguatan transisi dari PAUD ke sekolah dasar sungguh lah berarti,” ujar dia, pada acara Penutupan Apresiasi Bunda PAUD berprestasi tingkat provinsi,  di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Jalan RTA Milono No. 01 Kota Palangka Raya, Selasa (30/08/2023).

Lanjut Nunu, peran Bunda PAUD memang sangat strategis dalam mengkoordinasikan sumber daya di seluruh tingkat PAUD dalam wilayahnya sehingga memiliki peran penting dalam mempromosikan layanan PAUD Holistik Integratif, yang mencakup pendekatan komprehensif untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Dengan pendekatan ini, upaya seperti edukasi mengenai pola asuh yang baik dan pemenuhan gizi anak bisa menjadi bagian dari strategi untuk mengatasi masalah stunting.

“Tentu, semoga penghargaan ini menjadi sumber motivasi bagi semua Bunda PAUD untuk terus mengembangkan prestasi mereka dan berkontribusi dengan lebih besar lagi. Dengan pengakuan atas kerja keras dan dedikasi mereka, diharapkan mereka akan terinspirasi untuk menciptakan inovasi baru dan terus meningkatkan layanan PAUD di wilayah Kalimantan Tengah,” ujarnya lagi.

Nunu juga menambahkan kegiatan semacam ini memainkan peran penting dalam memperkuat ekosistem PAUD di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam PAUD, meningkatkan jumlah PAUD yang terakreditasi dan memiliki lebih banyak guru berkualifikasi S1 sangatlah penting.

“Pesan saya, mari kita bersama-sama terus menguatkan ekosistem Pendidikan Anak Usia Dini, menuju gerakan menuju transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” demikian tandasnya.

Sekedar menginformasikan, acara penutupan dan penghargaan Bunda PAUD Berprestasi 2023 juga dihadiri Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran  yang juga selaku Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah, Plt. Direktur PAUD Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia Komalasari, serta Ketua Tim Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah, Nunu Andriani, dan tamu undangan lainnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga diisi dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pengurus Pokja Bunda PAUD tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023 yang berlangsung selama 4 (empat) hari, dari tanggal 27 hingga 30 Agustus 2023.

Wartawan: Maria
Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!