Optimalkan Pembangunan Infrastruktur di Daerah Pelosok Kalteng

 Optimalkan Pembangunan Infrastruktur di Daerah Pelosok Kalteng

FOTO: Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua Komisi III  DPRD Kalteng, Siswandi meminta kepada pemerintah daerah di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, supaya dapat mengencarkan pembangunan infrastruktur yang merata menjangkau wilayah pelosok.

Menurut dia, keberadaan infrastruktur jalan dan jembatan sangat diharapkan oleh kalangan masyarakat. Infrastruktur itu sangat penting untuk memperlancar akses atau aktivitas masyarakat.

“Masih banyak desa di Kalteng yang belum memiliki infrastruktur memadai terutama jalan dan jembatan penghubung antar desa. Padahal keberadaan infrastruktur ini penting bagi masyarakat sebagai akses dan membuka keterisolasian,” kata dia,Rabu (19/07/2023).

Misalnya saja seperti di wilayah Dapil IV Kalteng meliputi DAS Barito. Banyak desa di sana yang belum memiliki infrastruktur jalan maupun jembatan yang memadai, sehingga kebanyakan masyarakat agar bisa bepergiaan harus menggunakan jalur sungai.
Menggunakan jalur sungai yakni dengan perahu atau kelotok banyak tantangan yang dihadapi masyarakat. Contohnya ketika pada musim kemarau, air sungai surut dan jalur yang ditempuhpun menyulitkan karena kebanyakannya area bebatuan.

Selain itu, tidak adanya jalur darat yang memadai juga dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat. Pasalnya, imbas dari persoalan tersebut yakni tingginya harga-harga berbagai bahan kebutuhan pokok masyarakat di wilayah pedesaan.

“Inilah kenapa, kita sangat meminta pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya lebih memperhatikan hal itu dengan menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan secara merata, sehingga juga bisa memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!