Henry Dukung Pengembangan Destinasi Wisata di Kalteng 

 Henry Dukung Pengembangan Destinasi Wisata di Kalteng 

FOTO: Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Pembangunan Infrastruktur dan Ketenagakerjaaan, Henry M. Yoseph, S.E., M.H.,

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Pembangunan Infrastruktur dan Ketenagakerjaaan, Henry M. Yoseph, S.E., M.H., mendukung upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, untuk mengembangkan destinasi (tempat, red) wisata air di Sebangau, Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, sebagai salah satu lokasi pengembangan wisata di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dari segi perekonomian rakyat, tempat wisata air Sebangau dinilai potensial dan sangat banyak diminati pengunjung. Apabila tempat itu dikembangkan dengan baik, maka diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ujar dia, Selasa (18/07/2023).

Sekedar diketahui, saat ini pengembangan tempat wisata air Sebangau yang menyuguhkan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya Kalimantan Tengah baru memasuki tahap perencanaan dan lelang fisik.

Adapun destinasi wisata air dikawasan sebangau ini rencananya dibangun dengan luas 20 hektare dan dilengkapi berbagai fasilitas yang diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

Menurut Henry, di Kalimantan Tengah ini, sebenarnya masih banyak tempat wisata yang dianggap potensial, namun masih belum dikelola dengan baik. Untuk itu, Ia berharap pengembangan tempat wisata tidak hanya terfokus di wilayah Kota Palangka Raya saja, melainkan juga dapat dilakukan di daerah-daerah lainnya di wilayah Kalimantan Tengah ini.

“Hal penting yang perlu diperhatikan, yakni pengunjung akan lebih menyukai tempat wisata yang memiliki manajemen pengelolaan yang baik, fasilitas penunjang yang memadai, serta akses Infrastruktur jalan menuju lokasi wisata tersebut juga harus baik,” ujar dia lagi.

Tidak hanya itu, Ia juga menambahkan upaya pengembangan tempat wisata di setiap daerah, harus juga memperhatikan sejumlah aspek penting lainnya, baik itu nilai-nilai agama, budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat, sekaligus pula asas kemanfaatan, terutama sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi tempat wisata tersebut.

Wartawan: Maria

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!