Faridawaty Dukung Program Kerja SPKBP Bagikan 1000 Bibit Cabai

 Faridawaty Dukung Program Kerja SPKBP Bagikan 1000 Bibit Cabai

FOTO: – Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Faridawaty Darlan Atjeh, S.E., M.M., saat foto bersama Pengurus dan Anggota dari Serikat Pekerja dan Kuli Bangunan Palangkaraya (SPKBP).

 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Faridawaty Darlan Atjeh, S.E., M.M., menerima kunjungan dan penyampaian aspirasi dari Serikat Pekerja Kuli Bangunan Palangka Raya (SPKBP). Dimana, pada kunjungan tersebut belasan anggota SPKBP meminta dukungan dari wakil rakyat terkait program organisasi, serta dukungan lainnya yang dapat membantu pengembangan usaha yang sifatnya berkelanjutan.

Faridawaty mengatakan banyak hal yang telah disampaikan oleh ketua beserta jajaran pengurus SPKBP, baik itu program kerja organisasi maupun aspirasi yang memang perlu didukung.

“Salah satu program yang dinilai sangat bagus, yakni mereka (SPKBP, red) memiliki rencana untuk membagikan seribu bibit cabai kepada masyarakat, dengan maksud dan tujuan mendukung terwujudnya ketahanan pangan keluarga, melalui pemanfaatan lahan perkarangan yang ada,” kata dia, saat menerima kunjungan ketua dan jajaran pengurus SPKBP di Gedung DPRD Kalteng, Senin (31/07/2023) siang.

Ketua DPW Partai NasDem Kalteng ini juga  mengatakan program kerja tersebut mesti didukung, terlebih tujuannya juga sangat bagus, yakni menciptakan ketahanan pangan mulai dari lingkup rumah tangga.

“Cabai ini salah satu komoditas yang cukup banyak dicari, kadang harganya pun naik. Ketika bibit cabai ini dibagi, masyarakat bisa menanam sendiri setidaknya untuk konsumsi rumah tangga,” kata dia lagi.
Terkait pengembangan usaha, Ia mengutarakan SPKBP mengharapkan adanya dukungan agar memiliki pemasukan lain selain dari kegiatan pekerja bangunan. Salah satu yang ingin dikembangkan, yaitu usaha di bidang pertanian.
Wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Gunung Mas ini menegaskan siap memperjuangkan aspirasi tersebut kepada pemerintah hingga ke tingkat kementerian.
“Kebetulan menteri pertaniannya juga orang dari NasDem, nanti bisa kami sampaikan kalau terkait pengembangan usaha pertanian. Yang pasti siap mendukung semua aspirasi mereka,” tukas dia.

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, perwakilan SPKBP Turahman mengatakan rata-rata pengurus maupun anggota SPKBP berasal dari Pangkoh IX-Kabupaten Pulang Pisau. Dan, sekarang  sudah lama menetap dan beranak-cucu di Kota Palangka Raya. SPKBP ini keanggotannya berasal dari kalangan “kecil” yakni para kuli bangunan, pekerja kasar dan pedagang kecil dengan berbagai keterbatasan, namun tetap ingin berbagi kepada sesama.

“Ya, kami sangat bersyukur karena telah diundang oleh ibu anggota dewan. Tentunya, kami sangat berterima kasih atas tanggapan positif dari ibu Faridawaty yang mendukung program kerja kami, yakni membagikan 1.000 bibit kepada masyarakat, dengan maksud dan tujuan untuk mendukung terciptanya ketahanan pangan rumah tangga sekaligus pula memanfaatkan sisa lahan kosong yang ada di pekarangan rumah,” ujar dia.

Ia menuturkan adanya beberapa keluhan dari masyarakat, terutama dari kalangan ibu-ibu yang sempat mengeluhkan mahalnya harga cabai di pasar. Harapannya, melalui program kerja SPKBP ini, dapat sedikit membantu keluarga, setidaknya memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri. Intinya, SPKBP hanya ingin membantu masyarakat sekaligus pula mendorong terciptanya ketahanan pangan keluarga secara mandiri.

Disisi lain, Ketua SPKBP Heri Santoso atau sapaan akrabnya Heri Yunus menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Faridawaty, karena melalui beliau lah SPKBP bisa mendapatkan “jembatan” atau membuka jalan baru dalam menjalankan program kerja organisasi ini.

“Meski rata-rata keanggotaan SPKBP  ini berasal dari kalangan masyarakat kecil, itu bukan menjadi penghalang untuk kami berbagi kepada sesama. Sudah beberapa aksi sosial yang telah dilakukan, diantaranya membantu warga terdampak banjir di Banjarmasin, mengikuti program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Baznas provinsi yang saat itu juga didampingi oleh bapak angkat dari Kodim 1016/Palangkaraya, dan masih ada lagi beberapa aksi sosial lainnya,” tutup Ketua SPKBP. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!