Bimtek Platform Digital bagi KIM Resmi Digelar

 Bimtek Platform Digital bagi KIM Resmi Digelar

FOTO: Asisten Bidang Administrasi Umum Sri Suwanto yang mewakili Sekda Provinsi Kalimantan Tengah menghadiri acara kegiatan Bimtek Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat. Kegiatan berlangsung di Hotel Neo Palangka Raya, Senin (17/07/2023) pagi. 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Asisten Bidang Administrasi Umum Sri Suwanto mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Kegiatan berlangsung di Hotel Neo Palangka Raya, Senin (17/07/2023) pagi.

Pada sambutannya, Sri Suwanto menyampaikan perkembangan teknologi yang saat ini begitu cepat, sehingga diperlukan kebijaksanaan dalam memanfaatkan teknologi agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang baik dan positif.

“Komunitas informasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat.” kata dia.

Sri Suwanto mengutarakan Komunitas Informasi Masyarakat atau KIM adalah komunitas yang dibentuk oleh masyarakat secara mandiri dan kreatif melalui melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya.

Ia menyebutkan ada empat fungsi KIM, yakni sebagai wahana informasi antar anggota KIM secara horisontal dari KIM ke pemerintah secara bottom up serta dari pemerintah kepada masyarakat secara top down.

Sebagai mitra dialog dengan pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/ kota dalam merumuskan kebijakan publik; sebagai sarana peningkatan literasi di bidang informasi, media massa dan teknologi komunikasi serta sebagai media Watch dan sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

“Salah satu langkah dari Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, yakni melakukan rencana aksi membantu pemberdayaan KIM antara lain platform digital kemitraan bagi komunitas informasi masyarakat di Palangka Raya,” tutup Sri Suwanto.

Wartawan : Maria

Editor : Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!