Juni Hingga Oktober, Wilayah Katingan Memasuki Musim Kemarau

 Juni Hingga Oktober, Wilayah Katingan Memasuki Musim Kemarau

FOTO : Bupati Katingan Sakariyas, saat memimpin apel gabungan ASN di halaman kantor Bupati Katingan. 

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Berdasarkan prediksi BMKG, secara umum Kabupaten Katingan akan memasuki musim kemarau yang sangat kering sejak periode bulan Juni dan diperkirakan hingga bulan Oktober tahun ini.

“Dari data yang didapat, mulai periode Januari sampai dengan 17 Juni 2023 terdapat 160 hotspot tersebar di wilayah Kabupaten Katingan,” jelas Bupati Katingan Sakariyas, Saat memimpin upacara apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) dihalaman kantor Bupati Katingan, Senin 19 Juni 2023.

Meski jumlah ini kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan itu mengingatkan agar kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) harus ditingkatkan serta antisipasi dini harus dilakukan.

Dia juga mengucapkan syukur karena selama beberapa tahun ini Kabupaten Katingan dihindarkan dari bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara masif. Lanjutnya, pada tanggal 30 Mei 2023 nanti, Pemerintah Daerah bakal menetapkan status siaga darurat bencana Karhutla di wilayah Kabupaten Katingan melalui keputusan Bupati Katingan nomor 360/268 tahun 2023.

“Saya harapkan dalam penanganan darurat bencana Karhutla, sinergitas seluruh stakeholders dalam melaksanakan penanganan darurat ini dapat terjalin dengan baik. Karena kita ketahui potensi ancaman Karhutla yang dihadapi tahun ke tahun memiliki eskalasi dan karakter yang berbeda-beda yang disebabkan oleh kondisi lahan, cuaca dan iklim. (AS)

Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!