Dukung Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023

 Dukung Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023

KOORDINASI – BPS Kabupaten Lamandau tengah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perikanan setempat.

 

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 (ST2023) yang saat ini tengah dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat. Kegiatan itu akan berlangsung mulai 1 Juni 2023 hingga 31 Juli 2023 mendatang.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengatakan, sensus pertanian pertama kali dilaksanakan pada tahun 1963. Hingga saat ini, sudah yang ke-7 kalinya dilaksanakan sensus pertanian.

“Tahun 2023 ini, ada sebanyak 17 negara yang akan melakukan sensus pertanian,” kata Bupati Hendra di Nanga Bulik, Jumat, (2/6).

Ia menambahkan jika hal ini telah sesuai dengan data yang menunjukkan bahwa sektor pertanian menyerap tenaga kerja tertinggi yaitu mencapai 29,36% tenaga kerja pada Februari 2023.

Oleh karena itu, hasil pendataan yang berkualitas dan bermanfaat menjadi harga mati untuk mencapai kualitas dan kebermanfaatan data yang diharapkan. Sehingga nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

Ia berharap, masa depan pertanian dan kesejahteraan petani akan terus bertumbuh. Untuk mewujudkan harapan itu tentu diperlukan data pertanian berkualitas yang dikumpulkan melalui ST2023.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu berpesan kepada para petugas pendataan ST2023 agar melaksanakan tugas yang diemban dengan penuh semangat dan tanggungjawab.

“Karena apa yang dikerjakan ini akan sangat berguna bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!