Pasar PPM Sampit Bakal Dikelola Perusda

 Pasar PPM Sampit Bakal Dikelola Perusda

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) akan mendirikan perusahaan daerah. Perusahaan itu nantinya yang akan mengelola pasar milik pemerintah daerah yang selama ini dinilai tidak berkembang.

“Saya akan dirikan perusahaan daerah untuk mengurus pasar yang ada di Kotim,” kata Bupati Kotim, Halikinnor, Minggu 21 Mei 2023.

Dirinya menilai, pasar milik daerah seperti Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) dan Mangkikit sulit berkembang. Karena dinas yang bertanggung jawab, yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tidak fokus dalam menangani.

“Secara bertahap saya ingin fasilitas di pasar itu diperbaiki. Tapi saya lihat kalau pasar ini dikelola dengan dinas terkait itu tidak bisa maksimal memikirkan bagaimana pasar ini bisa maju,” ujarnya.

Padahal, pasar PPM ini menjadi kebanggaan Sampit. Pasalnya, ikon pertama Kotim ada di wilayah itu. Sehingga Pemkab Kotim tetap mempertahankan keberadaan pasar itu dalam kondisi apapun. Dirinya berharap pasar milik pemerintah itu dapat menjadi pasar tradisional semi modern kedepannya.

“Kalau tetap dikelola dinas tidak akan bisa. Saya instruksikan dianggarkan untuk perbaikan fasilitas pasar, bisa saja lupa atau memang sengaja digeser,” ucapnya.

Oleh sebab itu, perusahaan daerah itu yang akan bertanggung jawab mengelola pasar itu. Perusahaan ini yang nantinya mengembangkan pasar tradisional menjadi semi modern. Bahkan pegawai di perusahaan itu bukan diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), tujuannya agar lebih fokus mengurus pasar.

“Perusahaan daerah terutama untuk pasar daerah, salah satunya juga untuk mengurus pasar Mangkikit yang macet itu, supaya bisa berkembang. Ini harus orang pembisnis mereka memiliki ide dan inovasi karena fokus. Berbeda dengan pegawai negeri, mereka tidak bisa fokus karena banyak urusan. Mudahan tahun ini selesai perusahaan,” tutupnya. (dn/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!