KPw-BI Kalteng Gelar Ekspedisi Rupiah Susur Sungai 2023

 KPw-BI Kalteng Gelar Ekspedisi Rupiah Susur Sungai 2023

FOTO: Kepala KPW-BI Kalteng Taufik Saleh, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko dan perwakilan unsur Forkopimda Kalteng, saat sesi foto bersama pada kegiatan pelepasan Tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai 2023, Selasa (08/01/2023). Foto Yundhy Satrya.

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah melepas Tim Kas Keliling ekspedisi rupiah susur sungai Kahayan – Kapuas 2023. Kegiatan berlangsung di kawasan pelabuhan Flamboyan Bawah, Kota Palangka Raya, Selasa (09/05/2023) pagi.

Disela-sela kegiatan, Kepala KPW-BI Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh menyampaikan kegiatan ini berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pula dengan kawan-kawan dari KPw-BI Provinsi Kalimantan Selatan yang juga melakukan kegiatan serupa, dimana titik temunya nanti berada di Kabupaten Kapuas.

Lanjut Taufik menyebut ada beberapa kegiatan yang dilakukan, mulai dari edukasi cinta rupiah sampai pada penukaran uang rupiah yang tidak layak edar dengan uang yang baru dan layak edar, dimana kegiatan ini merupakan gerakan cinta rupiah.

“Kegiatan ini tentunya menyesuaikan dengan nilai-nilai kearifan masyarakat lokal yang memiliki keterkaitan dengan sungai. Pada kegiatan ini, kami juga telah mempersiapkan sejumlah nominal yang untuk ditukarkan. Dimana, kebutuhan tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing daerah yang akan dilintasi, utamanya di DAS Kahayan sampai Kapuas,” ujar Dia.

Menurut Dia, kegiatan ekspedisi susur sungai ini juga merupakan wujud nyata layanan Kas Keliling yang diberikan oleh Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah kepada masyarakat yang berdomisili di beberapa daerah di sepanjang sungai Kahayan dan Kapuas.

Selain melayani penukaran uang, pihaknya juga akan melakukan edukasi penggunaan QRIS, dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang transaksi digital di wilayah Kalimantan Tengah ini.

“Kegiatan susur sungai kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh KPw-BI Kalteng yang berkolaborasi dengan KPw-BI Kalsel. Dimana, kawan-kawan dari KPw-BI Kalteng rutenya dari Palangka Raya ke Kapuas, sedangkan kawan-kawan KPw-BI Kalsel dari Banjarmasin ke Kapuas, sehingga titik temunya nanti di Kabupaten Kapuas,” ujar Dia lagi.

Taufik menambahkan kegiatan ini tentunya akan dievaluasi, apabila itu memungkinkan, kegiatan susur sungai ini akan dilakukan secara rutin. Khususnya, menyusuri daerah aliran sungai yang menghubungkan beberapa daerah di Kalimantan Tengah ini.

Sementara itu, masih di hari dan tempat yang sama, Gubernur Kalteng yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko menyambut baik adanya kegiatan susur sungai 2023 yang dilaksanakan oleh KPw-BI Kalteng.

Menurut Dia, kegiatan ini dinilai sangat positif. Karena, selain memberikan layanan penukaran uang yang lusuh atau rusak ke uang yang baru, kawan-kawan KPW-BI Kalteng juga tetap berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara menjaga dan merawat uang kartal yang beredar di masyarakat, supaya tetap layak edar.

“Edukasi yang diberikan juga berkaitan dengan penggunaan QRIS yang dinilai sangat aman, terutama bagi para pelaku UMKM di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai ini,” kata Dia.

Yuas juga berpendapat penggunaan sistem pembayaran QRIS dinilai sangat aman, terutama dalam rangka meningkatkan transaksi digital di tengah-tengah masyarakat Kalimantan Tengah. Tidak hanya itu, penggunaan QRIS juga dinilai bisa terhindar dari risiko kriminal seperti pencurian, perampokan dan lain sebagainya, karena dalam sistem pembayaran QRIS, uang yang digunakan bukan dalam bentuk uang kartal, tapi masuk langsung ke rekening masing-masing.

Sekedar menginformasikan, pada kegiatan pelepasan Tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kahayan – Kapuas 2023, dihadiri oleh perwakilan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, unsur perbankan dan perwakilan unsur Forkopimda Kalimantan Tengah. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!