3 Buah Rumah Dan 1 Gedung Walet Hangus Terbakar Di Katingan

 3 Buah Rumah Dan 1 Gedung Walet Hangus Terbakar Di Katingan

FOTO : Suasana saat warga ingin memadamkan kobaran api yang membakar rumah dan gedung walet di Desa Mirah Kalanaman. 

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Sebanyak 3 buah rumah dan 1 buah gedung walet mengalami musibah kebakaran di Desa Mirah Kalanaman, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Senin 29 Mei 2023 sekira pukul 22.30 WIB.

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, melalui Kapolsek Katingan Tengah, Iptu Affan Efendi Batubara, membenarkan peristiwa kebakaran yang terjadi di Desa Mirah Kalanaman, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

Adapun korban pemilik rumah dan gedung walet tersebut yaitu Haris alias Daniel, Cirak alias Tisen dan Aji alias Flora. ” Belum dapat dipastikan apa yang menyebabkan kebakaran rumah dan gedung walet. Kobaran api berasal dari rumah Haris dan penghuni rumah saat itu sedang tidak berada di tempat,” jelas Kapolsek Katingan Tengah.

Dijelaskan, bahwa kejadian tersebut saat warga setempat terbangun sekira pukul 23.00 WIB dan melihat kobaran api berawal dari rumah Haris. Kemungkinan api berasal dari dapur.

Setelah melihat kobaran api, warga langsung meminta pertolongan warga sekitarnya untuk membantu memadamkan api. Tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kebakaran tersebut dikarenakan sudah membakar sebagian rumah milik Haris.

Api kemudian membakar rumah – rumah di sampingnya dikarenakan antara rumah Haris berdempetan dengan rumah setempat milik Cirak dan Aji. “Pemadaman kebakaran terkendala mesin pompa air yang tidak dimiliki oleh warga di sekitar tempat kejadian. Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan pada pukul 01.00 wib. Namun api,” ungkap Iptu Affan Efendi Batubara.

Akibat kejadian tersebut para korban mengalami kerugian materil, diantaranya terbakar 3 buah rumah dan 1 buah gedung walet  dengan kerugian sekitar Rp. 800.000.000,- (Delapan ratus juta rupiah).

“Mengingat atas kejadian ini, Polsek Katingan Tengah akan selalu mengedapankan Bhabinkamtibmas untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan keamanan dari segala aspek termasuk saat warga hendak meninggalkan rumah. Misalnya, memastikan berbagai peralatan memasak seperti kompor, kipas angin, tv, AC dan listrik harus dimatikan terlebih dahulu sebelum bepergian,” pungkasnya.

(AS)

Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!