Srikandi DPRD Kotim Berharap Pembangunan Jangkau Daerah Pedalaman

 Srikandi DPRD Kotim Berharap Pembangunan Jangkau Daerah Pedalaman

FOTO: Legislator DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Megawati.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diharapkan dapat memperhatikan pembangunan di daerah pedalaman, dengan harapan terciptanya pembangunan secara merata. Demikian disampaikan oleh Legislator DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Megawati.

“Pemerintah kabupaten maupun provinsi harus memprioritaskan pembangunan infrastruktur di daerah terpencil, jadi jangan hanya diperkotaan saja yang terbangun,” ujar Dia, Kamis (20/04/2023).

Menurut Dia, meski wilayah pedalaman terdapat dua jalan berbeda status yakni di bawah pemerintah provinsi dan kabupaten. Namun pihaknya berharap antara pemkab dan pemprov bisa bersinergi untuk membuka ketertinggalan akses jalan di pelosok.

“Peran jalan di pelosok sangatlah besar. Ketika jalan itu mengalami kerusakan, maka sejak saat itu juga aktivitas ekonomi di hulu akan terganggu total. Padahal kebanyakan di daerah pedalaman terdapat perusahaan besar swasta yang mengeruk hasil alam mereka,” ujar Dia lagi.

Lanjut Dia, apabila ingin ekonomi terus berputar maka pembangunan juga harus diperhatikan, dan salah satu indikator utama di pedalaman itu adalah jalan yang layak. Ketika jalan bagus dan tidak bermasalah maka ekonomi akan berjalan dan bertumbuh dengan baik.

”Apalagi kerusakan jalan di pelosok itu juga karena kurangnya kesadaran pemilik usaha angkutan. Pasalnya disana banyak terdapat angkutan truk melebihi kemampuan jalan untuk melintas. Alhasil jalan yang hanya timbunan agregat dan aspal dengan kelas III-C, tidak akan mampu bertahan lama,” tandas Dia. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!