Rekrutmen Calon Anggota KPU di Empat Kabupaten Resmi Dimulai 16 April 2023

 Rekrutmen Calon Anggota KPU di Empat Kabupaten Resmi Dimulai 16 April 2023

FOTO : Tim Seleksi Calon Anggota KPU di Empat Kabupaten, mulai dari kiri ke kanan, masing-masing Sahdin Hasan, Dr. H. Abdul Helim, M.Ag, Bhayu Rama, ST., MBA., PHD., dan Dr. Mutia Evi Kristhy, SH., M.Hum., Kamis (13/04/2023). Foto Yundhy Satrya 

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota (Komisioner,red) Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 4 (empat) Kabupaten, meliputi KPU Kabupaten Barito Timur, KPU Kabupaten Katingan, KPU Kabupaten Pulang Pisau dan KPU Seruyan menyampaikan konferensi pers terkait jadwal rekrutmen calon anggota KPU di empat kabupaten dimaksud yang rencananya akan resmi dimulai sejak 16 April 2023 mendatang.

Baca Juga : 

Ketua Timsel Calon Anggota KPU di Empat Kabupaten, Bhayu Rama, ST., MBA., PHD., menyampaikan Tim Pansel Calon Anggota KPU di Empat Kabupaten ini telah dibentuk langsung oleh KPU RI, berdasarkan Surat KPU RI Nomor : 15/SDM.12-Pu/04/2023 Tentang Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten pada 5 (Lima) Kabupaten di 2 (Dua) Provinsi Periode 2023-2028 tertanggal 31 Maret 2023, dan ditandatangani langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

FOTO: Ketua Timsel Calon Komisioner KPU di Empat Kabupaten, Bhayu Rama, ST., MBA., PHD.,

Adapun komposisi dari Tim Seleksi Calon Anggota KPU di Empat Kabupaten dimaksud beranggotakan 5 (lima) orang, yakni Bhayu Rama, ST., MBA., PHD., (Ketua Timsel, Akademisi Wakil Dekan FISIP UPR); Dr. H. Abdul Helim, M.Ag (Anggota Timsel, Akademisi Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya); M. Tasron (Sekretaris Timsel, Tokoh Masyarakat Bengkulu); Dr. Mutia Evi Kristhy, SH., M.Hum (Anggota Timsel, Akademisi Kaprodi Magister Ilmu Hukum FH-UPR); serta Sahdin Hasan (Anggota Timsel, Birokrat Kepala DPPKBP3APM Kota Palangka Raya).

“Dimana, keseluruhan komposisi dari tim seleksi Calon Anggota Komisioner KPU di Empat Kabupaten ini telah mengikuti rangkaian tahap seleksi, sekaligus pula berasal dari orang-orang yang dianggap mampu berkapasitas dan berasal dari instansi dan pihak-pihak independen,” ujar Ketua Timsel Komisioner KPU di Empat Kabupaten, dalam Konferensi Persnya, Kamis (13/04/2023) siang, di Kantor Sekretariat Timsel Calon Komisioner KPU di Empat Kabupaten, Jalan Christopel Mihing, Kota Palangka Raya.

Bhayu Rama yang juga Wakil Dekan FISIP UPR ini juga menyebut mengingat dalam waktu dekat kita akan menghadapi masa libur lebaran dan cuti bersama. Dimana, tentunya sejumlah kantor atau instansi tempat pengurusan berkas persyaratan, seperti SKCK, Surat Keterangan Kesehatan baik jasmani rohani maupun bebas narkoba, dan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana dari Pengadilan setempat, serta legalisir ijazah yangmana kantor-kantor ataupun kampus akan libur selama masa liburan lebaran nanti.

“Untuk itu, maka kami menyarankan kepada seluruh calon pendaftar agar sesegeranya dapat mengurus segala persyaratan pendaftaran sedari sekarang ini. Pengumuman dan pendaftaran secara resmi mulai dilaksanakan sejak 16 April 2023 nanti. Semua pendaftaran dilakukan secara online, melalui website resmi KPU RI, SIAKBA dengan link https://siakba.kpu.go.id ,” ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, Ia juga mengatakan kedepan ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh seluruh calon pendaftar, diantaranya mulai dari masa pendaftaran, penguploadan berkas persyaratan pendaftaran, uji tertulis berbasis komputer (UTBK/CAT, red), wawancara sampai pada tahap Fit and Proper Test.

“Selama proses seleksi ini dilaksanakan, kami tentunya tetap mengedepankan prinsip-prinsip transparansi, akuntabel dan berintegritas. Sehingga, harapannya Calon Anggota Komisioner KPU di Empat Kabupaten yang terpilih adalah benar-benar orang yang memiliki integritas tinggi, dalam rangka turut mensukseskan Pemilu 2024 yang Berkualitas,” tandasnya.

Sekedar menginformasikan, dalam Konferensi Pers hari ini, Ketua Timsel KPU di Empat Kabupaten Bhayu Rama, ST., MBA., PHD., (Ketua Timsel, Akademisi Wakil Dekan FISIP UPR) juga didampingi Dr. H. Abdul Helim, M.Ag (Anggota Timsel, Akademisi Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya); Dr. Mutia Evi Kristhy, SH., M.Hum (Anggota Timsel, Akademisi Kaprodi Magister Ilmu Hukum FH-UPR); serta Sahdin Hasan (Anggota Timsel, Birokrat Kepala DPPKBP3APM Kota Palangka Raya). (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!