Nilai Ujian Siswa Kini Masuk Aplikasi E-Raport

 Nilai Ujian Siswa Kini Masuk Aplikasi E-Raport

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Setiap sekolah wajib memasukkan nilai-nilai peserta didik dalam aplikasi E Raport. Hal ini ditegaskan  oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Irfansyah.

“Ini sudah berjalan bertahun-tahun, sehingga nilai-nilai tidak bisa hilang dan dirubah. Kalau di lembaran raport atau penilaian yang dibagikan bisa saja dirubah atau dimanipulasi, namun nilai aslinya bisa dilihat di data pokok pendidikan (dapodik) kanal e raport,” ucap Irfansyah.

Jadi, lanjutnya, raport peserta didik sekarang ini tidak ada lagi dalam bentuk buku seperti dulu, sekarang hanya per lembar karena pengisian raport sudah langsung di input di E Raport. Dan pengisian nilai pada aplikasi ini pun ada batas waktunya yang sudah ditentukan.

“Kalau pengisian melewati batas waktu, maka tidak akan diberikan blanko ijazah nantinya. Sehingga sekolah memang harus melakukan pengisian tepat pada waktunya. Jadi tidak seenaknya saja meskipun nilai ketuntasan dari sekolah yang menentukan,” ucapnya.

Menurutnya, dalam aplikasi ini tidak ada dituliskan lulus atau tidaknya, mengingat sudah tidak adanya lagi standar kelulusan nasional, melainkan hanya standar kelulusan sekolah.

“Jadi dalam sistem itu hanya ada nilai peserta didik saja, sementara untuk lulus atau tidaknya itu pihak sekolah yang menentukan. Karena sekarang sudah tidak ada ujian nasional ataupun ujian sekolah, jadi terserah sekolah saja rata-rata ketuntasan harus lulus dengan nilai berapa,” jelasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!