Warga Kumai Hilir Seberang Mendambakan Sambungan Listrik dari PLN 

 Warga Kumai Hilir Seberang Mendambakan Sambungan Listrik dari PLN 

FOTO : Legislator DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) asal Dapil Kalteng III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara, H. Jubair Arifin, saat melaksanakan reses perseorangan di wilayah Kelurahan Kumai Hilir seberang. (FOTO Ist)

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) asal Dapil Kalteng III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara, H. Jubair Arifin menyampaiakan hasil reses perseorangan di Kelurahan Kumai Hilir seberang, Kabupaten Kotawaringin Barat yang mana warga setempat, saat ini sangat mendambakan adanya sambungan jaringan listrik dari PLN.

H. Jubair Arifin menyebutkan letak pemukiman warga Kelurahan Kumai Hilir seberang, hanya berjarak beberapa kilometer dari dua desa tetangga, yakni Desa Sei Sekonyer dan Desa Sei Bedaun yang kini sudah teraliri listrik dari PLN. Hal ini sangat berbeda, dengan pemukiman warga di Kelurahan Kumai Hilir seberang yang hingga sekarang ini masih belum teraliri sambungan jaringan listrik dari PLN.

“Jumlah kepala keluarga (KK) di Kelurahan Kumai Hilir seberang, jika dihitung, dari jumlah penduduk eks transmigrasi ada sekitar 275 KK, ditambah lagi dengan jumlah penduduk lokal, sehingga totalnya ada sekitar 500 KK lebih,” ujar H. Jubair Arifin, saat dikonfirmasi redaksi Kaltengnews.co.id melalui sambungan WhatsApp pribadinya, Sabtu (04/03/2023) sore.

Dia juga mengatakan berdasarkan informasi yang diterima dari warga setempat bahwa pihaknya (warga bersama pemerintah kelurahan Kumai Hilir, red) sebelumnya sudah pernah berkoordinasi dengan pihak PLN. Namun, dikarenakan adanya alasan bahwa lokasi dimaksud status administratif wilayahnya bukanlah desa ataupun kelurahan, sehingga akhirnya pihak PLN pun sampai sekarang ini masih belum bisa memberikan layanan sambungan jaringan listrik ke lokasi pemukiman warga dimaksud.

“Menanggapi hal tersebut, saya berpendapat alasan yang disampaikan oleh pihak PLN dinilai kurang tepat, karena sebenarnya sambungan jaringan listrik yang diberikan itu untuk mengaliri rumah-rumah warga, dan bukan untuk mengaliri status administratif suatu wilayah. Oleh sebab itu, akan sangat disayangkan sekali apabila kinerja dan pertimbangan inilah yang menjadi alasannya kenapa wilayah pemukiman warga di Kelurahan Kumai Hilir seberang hingga sekarang ini masih belum teraliri listrik dari PLN,” ungkapnya.

H. Jubair mengatakan hal ini juga berkaitan dengan kinerja dari PLN itu sendiri. Karena, sejatinya PLN diharapkan dapat memberikan layanan optimal dan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan khususnya kepada masyarakat di Kalimantan Tengah, termasuk pula kepada masyarakat di daerah-daerah pelosok, seperti masyarakat di Kelurahan Kumai Hilir seberang ini.

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng ini juga menyarankan kepada pihak PLN agar perlu mengevaluasi kinerja dan pertimbangan penyambungan jaringan listrik ke rumah-rumah warga, terlebih bagi warga yang berdomisili di daerah-daerah pelosok Kalimantan Tengah, seperti pemukiman warga di Kelurahan Kumai Hilir seberang yang hingga sekarang ini masih belum teraliri listrik dari PLN.

“Menindaklanjuti perihal tersebut, tentunya saya akan berkoordinasi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat, supaya bisa mendorong pihak PLN di daerah agar bisa mempertimbangkan dan menindaklanjuti aspirasi dari warga di Kelurahan Kumai Hilir seberang, terkait usulan penyambungan jaringan listrik PLN ke rumah-rumah warga di wilayah Kelurahan Kumai Hilir seberang,” bebernya.

Dia juga menambahkan warga di Kelurahan Kumai Hilir, sebelumnya memang pernah menikmati jaringan listrik bukan dari PLN, tapi bersumber dari PLTS komunal, namun beberapa tahun (sekitar 5 tahunan, red) kemudian sudah tidak beroperasional lagi, sehingga warga Kumai Hilir seberang sangat membutuhkan adanya sambungan listrik dari PLN. (YS)

 

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!