Sekolah Didorong Laksanakan PPDB Secara Digital

 Sekolah Didorong Laksanakan PPDB Secara Digital

KALTENGNEWS.co.id – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menganjurkan setiap sekolah melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara digital atau online, mengingat sekarang ini sudah memasuki era digitalisasi.

“Untuk sistemnya masih sama seperti dulu, ada sistem zonasi, prestasi dan kepindahan orangtua. Sambil juga menunggu edaran dari kementrian, siapa tahu ada aturan baru. Kalau untuk pendaftarannya tetap secara online,” kata Plt Kepala Disdik Kotim, Irfansyah, Kamis 30 Maret 2023.

Menurutnya, di era digital ini jangan sampai sekolah-sekolah ketinggalan perkembangan teknologi. Begitu juga dengan sekolah-sekolah di daerah ujarnya, mengingat sekarang ini absen untuk para pegawai pun sudah dilakukan secara online, sehingga dirasa jaringan sudah memadai.

“Karena setiap sekolah juga ada pengisian data pokok pendidikan (dapodik) secara online, jadi kemungkinan jaringan internet itu sudah ada. Maka kami anjurkan sekolah-sekolah di daerah itu secara online juga PPDB nya,” ucapnya.

Tambah Irfansyah, sejak tahun lalu sampai daerah Kecamatan Parenggean, PPDB sudah dilaksanakan secara online dan ada juga yang bervariasi. Dimana peserta yang kesulitan mendaftar secara online membawa handphonenya ke sekolah, dan akan dibantu pihak sekolah melakukan pendaftaran online.

“Jadi offline nya itu hanya membantu pengisian di sekolah, prinsipnya tetap online. Kecuali sekolah yang benar-benar di pedalaman tidak ada sinyal, masih ada toleransi untuk mereka melaksanakan PPDB offline,” tegasnya.

Dijelaskannya, kelebihan pendaftaran online yakni semua berkas tidak perlu digandakan/fotocopy lagi sehingga menghemat biaya. Lantaran berkas hanya difoto dan di unggah di aplikasi pendaftaran.

“Ini juga meminimalisir hilangnya data, misal terjadi kebakaran atau lainnya. Jadi data tidak hilang karena tersimpan otomatis di sistemnya,” pungkasnya. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!