Masjid Jami Al-Ghufron Kota Kasongan Penuh Kreativitas Menyambut Bulan Suci Ramadan

 Masjid Jami Al-Ghufron Kota Kasongan Penuh Kreativitas Menyambut Bulan Suci Ramadan

FOTO : Suasana keindahan kawasan Masjid Jami Al-Ghufron Kota Kasongan saat malam hari di Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah. 

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – 1 Ramadan 1444 Hijiriah atau awal puasa jatuh pada Kamis 23 Maret 2023. Hal ini berdasarkan hasil sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Dalam menyambut bulan suci ramadan 1444 Hijriah/2023 tahun ini, semua umat muslim tentunya dalam suasana gembira mendapat keberkahan. Kemudian untuk menyemarakan bulan yang penuh berkah ini, sejumlah Musola dan Masjid juga dihias semenarik mungkin agar para jamaah yang melaksanakan ibadah sholat 5 waktu dan sholat tarawih lebih khusyu.

Contohnya saja adalah pada Masjid Jami Al-Ghufron Kota Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan yang mempunyai kreativitas dalam menata lingkungan masjidnya. Pasalnya, pada malam hari saat jamaat melaksanakan ibadah akan terlihat berbagai hiasan lampu berwarna dan dipenuhi dengan pernak-pernik menarik lainnya. Hal seperti ini tentunya membuat masjid ini sangat indah dan menarik untuk dilihat, maupun sebagai tempat mengabadikan momen-momen saat bulan ramadan.

FOTO : Ketua Masjid Jami Al-Ghufron Kota Kasongan, Edy Rahmad Sosiawan saat menyampaikan sambutan. 

 

Ketua Masjid Jami Al-Ghufron Kota Kasongan Edy Rahmad Sosiawan, mengatakan memasuki awal ramadan mulai dari  panitia takmir masjid dan para relawan akan membantu melayani para jamaah untuk dapat beribadah di masjid tersebut.

“Beberapa kegiatan ibadah untuk menyemarakan bulan suci ramadan yaitu halaman masjid sudah di pasang lampu-lampu hiasan, pembuatan gapura atau pintu gerbang dan lain-lainnya. Ini adalah hasil berupa sumbangan dari jamaah, warga, masyarakat kereng humbang dan sekitarnya,” jelas Edy Rahmad Sosiawan kepada semua jamaah sebelum dimulai shalat taraweh pertama pada Rabu 22 Maret 2023 malam.

Para jamaah juga dihimbau agar memiliki kesempatan waktu untuk melaksanakan tadarus Al-Quran bersama-sama sekaligus I’tikaf di masjid. “Mudah-mudahan kita dapat istiqomah di bulan suci ramadan ini,”ucapnya Edy Rahmad Sosiawan yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Katingan.

 

FOTO : Suasana saat panitia masjid melakukan pengaturan lalulintas penyebrangan jalan bagi para jamaah.

 

Dirinya juga tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh petugas takmir dan para relawan yang sudah membantu untuk ketertiban pelaksaan ibadah di masjid, baik itu dari penertiban parkir, melayani jamaah dan lain-lain. Begitu juga kepada seluruh jamah dan masyarakat kota Kasongan yang telah membantu, mendukung kegiatan-kegiatan di masjid.

“Mudah-mudahan kita semua sebagai jamaah masjid Jami Al-Ghufron selalu dijaga kesehatan kita, dpelihara iman kita, dan ditingkatkan semangat kita untuk beribadah kepada Allah SWT di bulan suci ramadan ini,”pungkasnya.

(AS)

Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!