Kunjungi Sejumlah Desa, Legislator Kalteng ini Serap Aspirasi Masyarakat Dapil Kalteng V

 Kunjungi Sejumlah Desa, Legislator Kalteng ini Serap Aspirasi Masyarakat Dapil Kalteng V

FOTO: Legislator provinsi dari Dapil Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Drs. Yohannes Freddy Ering, MSi saat melaksanakan reses perseorangan di wilayah Dapil Kalteng V. (Foto Ist.)

Kaltengnews.co.id, PALANGKA RAYA – Legislator provinsi dari Dapil Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Drs. Yohannes Freddy Ering, MSi melaksanakan kegiatan reses perseorangan guna menyerap aspirasi atau usulan, terkait sejumlah permasalahan masyarakat dan rencana pembangunan desa ataupun kelurahan, khususnya yang ada di tengah-tengah masyarakat di wilayah Dapil Kalteng V.

“Selain turun ke bawah untuk menemui konstituen yang sudah memberikan dukungan kepada saya untuk menjadi wakil rakyat di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, melalui reses perseorangan ini juga sebagai kesempatan untuk menyerap aspirasi atau usulan atas berbagai permasalahan dan rencana kegiatan dan pembangunan di desa, kelurahan ataupun kecamatan,” ujarnya, Jumat (03/03/2023) melalui sambungan WhatsApp pribadinya.

Lanjut Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Pemerintahan, Hukum dan Keuangan ini juga mengatakan berbagai aspirasi atau usulan yang disampaikan, selanjutkan akan disesuaikan dengan kewenangan atau urusan pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah, melalui instansi dinas terkaitnya.

Dia juga menyebutkan dari beberapa desa/kelurahan yang sudah dikunjungi, ada beberapa permasalahan yang mengemuka, diantaranya masalah infrastruktur jalan, seperti di Desa Tangkahen, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau yang meminta kepada pemerintah daerah agar dapat membuat Siring/Turap.

“Usulan ini sangat penting, mengingat daerah tersebut kerab mengalami erosi dan longsor karena berada di bantaran sungai Kahayan, sehingga dinilai cukup berbahaya hingga jalan dan pemukiman penduduk desa setempat,” ujarnya lagi.

Freddy Ering kembali menyampaikan usulan dari masyarakat Desa Lawang Uru, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau yang memerlukan sambungan jaringan listrik untuk jalan desa, karena di sana ada fasilitas pendidikan (Fasdik) Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan pemukiman penduduk.

Begitupun di Mandomai Kapuas Barat, khususnya di Desa Saka Mangkahai memerlukan pembangunan Sarana MCK dan penataan sanitasi juga sarana air bersih, mengingat kepadatan penduduk dan daya dukung lingkungan sungai kapuas.

“Menindaklanjuti aspirasi atau usulan yang sudah disampaikan oleh warga di beberapa desa, maka selanjutnya saya meminta seraya mendorong pemerintah daerah, khususnya kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah melalui instansi dinas terkaitnya, supaya sesegeranya menindaklanjuti aspirasi atau usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat setempat,” pintanya.

Sekedar menginformasikan, adapun kegiatan lapangan dari unsur pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah untuk menyerap aspirasi atau usulan dari masyarakat ini merupakan rangkaian reses perseorangan ke daerah pemilihan masingmasing yang diagendakan selama 8 hari, sejak 28 Februari hingga 5 Maret 2023. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!