Harus Lakukan Sidak Pasar Jelang Bulan Puasa

 Harus Lakukan Sidak Pasar Jelang Bulan Puasa

Foto : Anggota DPRD Katingan Muhammad Effendi.

Kasongan – Jelang bulan Ramadhan, harga sembilan kebutuhan pokok (sembako) dan sejumlah barang komoditi lainnya tentu akan mengalami kenaikan tidak terkecuali di Kabupaten Katingan, menyikapi hal tersebut maka perlu dilakukan ispeksi mendadak (sidak) dipasar.

Seperti yang disampaikan salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Muhammad Effendi, kepada sejumlah wartawan, kamis (9/3/2023) dikantor DPRD Katingan, bahwa pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan melalui dinas terkait harus segera turun untuk melakukan sidak dipasar.

Dijelaskan Fendi, dirinya mengetahui adanya kenaikan harga barang komoditi ini yaitu saat melaksanakan reses di sejumlah pasar yang ada di Kecamatan Katingan Tengah serta beberapa pasar diwilayah Kecamatan di bagian hulu pada bulan februari yang lalu.

“Saya reses bulan lalu saja harga barang sudah naik, apalagi jelang bulan puasa ini tentu bisa lebih tinggi,”Ujarnya.

“Naiknya harga barang tentu dikeluhkan masyarkat sekitar,”Tambahnya.

Lonjakan harga tidak hanya terjadi pada harga beras, tapi juga harga minyak goreng (migor), ikan, ayam broiller (pedaging), daging sapi dan sejumlah bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih, serta beberapa rempah dapur lainnya.

Apalagi menghadapi bulan Ramadan 1444 Hijriah pada Maret 2023 mendatang, jika keluhan masyarakat ini tetap tidak dipedulikan oleh instansi yang bersangkutan, ia khawatir masyarakat setempat akan melakukan demo terhadap Pemkab setempat.

“Oleh karena itu saya minta keluhan masyarakat ini segera ditindaklanjuti dengan segera,” tegas legislator Partai Demokrat ini.

Tindakan yang harus dilakukan, menurutnya, pertama instansi yang menangani lonjakan harga sembako ini adalah instansi yang bersangkutan turun ke lapangan atau ke pasar-pasar, guna mengetahui seberapa besar kenaikan harga sembako dan barang yang dijual oleh para pedagang tersebut.

Yang kedua, lanjutnya, melakukan operasi pasar ke sejumlah pasar, bukan saja pasar yang ada di bagian hulu, melainkan juga di semua pasar yang ada di Kabupaten Katingan.

“Operasi pasar bukan berarti hanya satu hari, tapi dilakukan beberapa hari, jangan seperti pasar murah,” ujarnya.

Khusus untuk pasar murah yang dilaksanakan setiap tahunnya, dirinya meminta kepada instansi terkait, saat digelar, jangan pada saat menjelang Lebaran, tapi di saat menjelang Ramadan. Karena, kenaikan harga sembako biasanya di saat bulan Ramadan.

“Keperluannya pun untuk berpuasa selama satu bulan di bulan Ramadan,” tandas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

(Tri)

 

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *