Enung Ajak Masyarakat Cegah Berbagai Penyakit di Musim Penghujan

 Enung Ajak Masyarakat Cegah Berbagai Penyakit di Musim Penghujan

FOTO : Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Enung Irawati.

Kaltengnews.co.id, BUNTOK – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Enung Irawati mengajak masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Barito Selatan agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, supaya terhindar dari berbagai penyakit, terlebih saat ini memasuki musim penghujan.

“Upaya menjaga kebersihan lingkungan memang sangat penting untuk terus dilakukan bersama, terlebih belakangan ini intensitas curah hujan cukup tinggi di wilayah Kabupaten Barito Selatan,” ujarnya, Senin (20/03/2023).

Menurut Dia, tingginya intensitas hujan berpotensi besar menimbulkan berbagai penyakit, seperti Influenza, Demam Berdarah Dengue (DBD), Diare, Penyakit Kulit dan Leptospirosis.

“Untuk itu, langkah pencegahan yang dapat dilakukan yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, baik di lingkungan rumah maupun di komplek pemukiman, dengan cara membersihkan saluran drainase, membuang sampah pada tempatnya dan tetap menjaga kesehatan lingkungan sekitar,” ujarnya lagi.

Dia juga mencontohkan salah satu upaya pencegahan penyakit DBD, yakni melakukan upaya pencegahan dengan menjalankan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah atau penampungan air,” tutur Enung.

“Efek DBD sangat kompleks karena menyangkut semua aspek, sehingga memerlukan penanganan multi-sektor serta kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Mari kita jaga lingkungan yang bersih sehingga kita terhindar dari penyakit berbahaya,” tandasnya. (Tomi/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!