Kalimantan Tengah dapat Semakin Maju Asalkan Pemda Lebih Mempriotaskan Pembangunan Daerah Tertinggal

 Kalimantan Tengah dapat Semakin Maju Asalkan Pemda Lebih Mempriotaskan Pembangunan Daerah Tertinggal

FOTO: Legislator provinsi asal Dapil Kaltengg II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan, Jainudin Karim.

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong pemerintah  daerah (Pemda) di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, supaya dapat memaksimalkan program pembangunan daerah secara merata, terlebih dalam rangka mengentaskan pembangunan di sejumlah daerah yang dianggap masih tertinggal.  Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Legislator provinsi asal Dapil Kaltengg II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan, Jainudin Karim.

“Pengentasan daerah tertinggal di wilayah Kalteng ini perlu dipercepat. Sebab, di provinsi ini sendiri masih banyak daerah yang tertinggal terutama pedesaan. Suatu wilayah bisa dikatakan maju apabila tidak ada lagi daerah-daerah tertinggal. Maka dari itu supayaKalteng ini bisa semakin maju, maka daerah tertinggal perlu menjadi atensi pemerintah untuk memperhatikannya,” katanya, Rabu (01/02/2023).

Politisi Muda dari fraksi Partai Gerindra ini berharap agar perhatian terhadap daerah tertinggal itu penting, pembangunan harus merata hingga wilayah pelosok. Karena, apabila tidak diperhatikan akan membuat suatu daerah terisolasi, dan masyarakatnya pun tidak sejahtera.

Lanjutnya, Indonesia sudah puluhan tahun merdeka dan Kalteng sudah berusia matang, namun masih ada saja daerah tertinggal baik itu tidak ada jaringan listrik, infrastruktur yang kurang memadai dan lain sebagainya. Hal ini harus diprioritaskan dalam pembangunan.

“Terutama infrastruktur itu penting untuk membuka keterisolasian wilayah serta untuk mendukung aktivitas masyarakat, begitu juga dengan listrik. Ketika kita reses masih banyak menerima aspirasi terkait hal-hal itu baik infrastruktur maupun listrik,” ungkapnya.

Dalam upaya mempercepat pengentasan daerah tertinggal di provinsi ini pemda juga harus dapat terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat terutama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi agar program pembangunan bisa lebih banyak masuk Kalteng.

“Kita ketahui sendiri program pembangunan daerah tertinggal dari kemeterian desa di Kalteng ini masih minim, jadi koordinasi perlu ditingkatkan agar program bisa lebih banyak masuk Kalteng baik itu pemda provinsi, kabupaten dan kota, sehingga
daerah tertinggal pun dapat diperhatikan,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *