Disdukcapil Katingan Targetkan 1.800 Orang Melakukan Perekaman Pada Program Jemput Bola

 Disdukcapil Katingan Targetkan 1.800 Orang Melakukan Perekaman Pada Program Jemput Bola

oto : Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Katingan Sukartie Alijat.

Kasongan- Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Katingan Sukartie Alijat, mengatakan bahwa pihaknya baru – baru ini telah melakukan jemput bola dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di sejumlah wilayah. Hal ini disampaikannya, senin (20/2/2023) usai pelaksanaan gelaran apel Aparatur Sipil Negara (ASN) di halaman kantor Bupati Katingan.

Sukartie menyebutkan, bahwa program jemput bola ini merupakan program primadona prioritas disdukcapil, namun pada program jemput bola yang dilakukan baru-baru ini berbeda daripada tahun sebelumnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya untuk dapat melakukan perekaman pembuatan e-ktp minimal berusia 17 tahun, namun yang dilakukan petugas disdukcapil kali ini cukup berbeda.

“Jika tahun-tahun sebelumnya untuk perekaman minimal berusia 17 tahun, pada program jemput bola tahun ini untuk usia 16 tahun sudah bisa melakukan perekaman,”Ujarnya.

Namun dijelaskan Kepala Disdukcapil meskipun usia 16 sudah dilakukan perekaman, untuk e-ktp nya sendiri belum bisa dicetak langsung tetap menunggu usia yang bersangkutan sudah menginjak usia 17 tahun.

Dikatakan Sukartie bahwa berdasarkan hasil daripada program jemput bola dari januari hingga februari 2023 ini terdata berjumlah 200 orang, sedangkan yang ditargetkan pada tahun ini sebanyak 1.800.

“Hasil daripada program jemput bola kemarin cukup banyak warga yang ikut perekaman,”Pungkasnya.

Lanjutnya, bahwa yang dilakukan pihaknya ini adalah sebagai bentuk dukungan kepada pihak penyelenggara pemilihan dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan untuk mendata jumlah tambahan data pemilih pada tahun 2024 mendatang.

“Untuk kategori usia 16 tahun yang masuk pada perekaman kemarin kita masukan ke database terlebih dahulu, dan akan dilaporkan kepada pihak KPU Katingan pada akhir tahun nanti,”Imbuhnya.

Untuk program jemput bola yang baru saja dilakukan ini dilaksnanakan di Kecamatan yang tersebesar terlebih dahulu, seperti Kecamatan Katingan Hilir, Katingan Kuala dan Katingan Tengah. Dan nantinya akan dilanjutkan di Kecamatan lainnya.

(Tri)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!