Supaya Tidak Tercemar, Sungai Bukan Tempat Sampah

 Supaya Tidak Tercemar, Sungai Bukan Tempat Sampah

FOTO: Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Khozaini.

Kaltengnews.co.id, SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Khozaini meminta kepada masyarakat jangan mem­biasakan membuang sampah ke anak sungai dan drainase, agar air sungai tidak tercemar, dan drainase tidak mengalami kebuntuan. Selain membuat pencemaran dan pendangkalan sungai dan drainase, membuang sampah tidak pada tempatnya dapat memicu terjadinya bencana banjir.

“Kami minta warga jangan membuang sampah sembarangan terutama di sungai maupun di drainase, karena pencemaran air sungai dan terjadi pendangkalan serta buntunya saluran drainase, itu sangat merusak lingkungan terutama air bahkan juga udara dan juga bisa mengakibatkan bencana banjir,” ujar Dia, Senin (23/01/2023).

Dirinya mengimbau masyarakat untuk mengelola sampah dengan benar yakni dengan tidak menyebabkan pencemaran atau perusakan lingkungan. Lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, baik dari pemerintah daerah, swasta bahkan yang terpenting adalah dari masyarakat itu sendiri, karena mustahil mengharapkan lingkungan yang bersih, sehat dan rapi tan­pa bantuan serta dukungan dari masyarakat.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19, hendaknya masyarakat dapat berperilaku hidup bersih dan sehat, karena perilaku bersih dan sehat serta membuang sampah pada tempatnya, merupakan bagian dari langkah agar kita tidak mudah terserang berbagai macam penyakit,” tandas Dia. (TBK/YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!