Pemkab Katingan Gelar Konsultasi Publik RPD Tahun 2024-2026

 Pemkab Katingan Gelar Konsultasi Publik RPD Tahun 2024-2026

FOTO :  Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Pransang, saat membuka kegiatan kegiatan Konsultasi Publik RPD, di aula Bappelitbang Katingan.

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan mengelar kegiatan Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Katingan tahun 2024-2026, di aula Bappelitbang Katingan, Selasa 17 Januari 2023.

Konsultasi Publik RPD tersebut dibuka secara resmi Bupati Katingan Sakariyas, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Pransang, dan dihadiri sejumlah anggota DPRD Katingan, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Katingan, sejumlah Kepala SOPD Lingkup Pemkab Katingan dan tamu undangan yang hadir.

Sekda Katingan Pransang, mengatakan penyusunan rancangan rencana pembangunan daerah Kabupaten Katingan tahun 2024-2026 adalah merupakan tindaklanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 52 tahun 2022 yang nantinya menjadi pedoman penyusunan RKPD, lebih lanjut menjadi pedoman penyusunan rancangan kua ppas sebagai rangkaian penyusunan APBD.

Menurutnya, ada beberapa tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik RPD ini :

1. Untuk mendapatkan saran dan masukan guna penyusunan rancangan rencana pembangunan daerah Kabupaten Katingan tahun 2024-2026.

2. Forum konsultasi publik sebagai pedoman bagi seluruh jajaran pemerintah daerah dalam penyusunan rencana pembangunan tahunan atau dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), dokumen rencana strategis perangkat daerah (Renstra PD), dokumen rencana kerja perangkat daerah (Renja PD) dan perencanaan penganggarannya.

3. Mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sinergis dan terpadu antara perencanaan pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten.

4. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan pembangunan dan penganggaran.

5. Memberikan tolak ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dan melakukan evaluasi kinerja tahunan pembangunan daerah.

“Saya juga berharap penyelenggaraan pemerintahan selanjutnya dapat melanjutkan estafet pembangunan yang selama ini telah dilaksanakan dan terbukti memberikan dampak positif bagi masyarakat, sehingga pembangunan di Kabupaten Katingan bisa berkesinambungan,”ungkapnya.

(AS)

Nas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *